Viral!!! Pemandu Wisata Marahi Petugas Money Changer di Bali yang Mencoba Tipu Para Turis saat Tukar Uang

Liputanindo.com Video yang menampilkan aksi pemandu wisata yang memarahi petugas salah satu money changer di Bali jadi viral di media sosial. Peristiwa itu bermula saat seorang turis asing menukarkan mata uang euro ke dalam bentuk uang rupiah dan tidak mendapatkan jumlah yang sepadan.

Kejadian tersebut terekam dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @oneaperture pada Sabtu, 5 Oktober 2019.


Dalam video yang berdurasi 1 menit 22 detik tersebut, tampak seorang turis bule didampingi seorang pemandu wisata mendatangi sebuah money changer untuk meminta kembali uang yang telah ditukarkan sebelumnya.

Pemandu wisata yang mengenakan kaos merah tersebut meminta agar petugas money changer mengembalikan uang turis bule sebesar 300 euro (sekitar 4,6 juta). Namun, bukannya langsung memberikan, petugas money changer justru berbelit-belit dan membuat si pemandu wisata marah dan berbicara dengan nada tinggi.

“Cepat, cepat kembalikan 300 euro kemarin,” kata pemandu wisata tersebut dengan nada marah kepada petugas money changer.

Emosi pemandu wisata ini semakin menjadi, ketika petugas money changer tidak segera memberikan uang yang ditukarkan turis bule sebelumnya.

“Bikin malu-malu aja bro. 300 euro cepat nggak usah itung lagi. 300 euro yang kemarin, untuk apa dicek udah tipu aja kemarin,” ujar pemandu wisata tersebut.

Menurut penyebar video tersebut, dia menyebutkan orang Bali punya integritas untuk menjaga nama baik daerahnya. Penipuan yang dilakukan petugas money changer di Bali memang bukan menjadi hal yang baru.

Sebelumnya sudah banyak turis bule yang menjadi korban dari tindak penipuan yang dilakukan oleh beberapa oknum money changer.

Ketua Asosiasi Penukaran Valuta Asing (APVA) Bali, Ayu Astuti Dhama mengungkapkan beberapa praktik penipuan dilakukan money changer ilegal untuk memperdaya turis mancanegara.

Kebanyakan dari money changer yang melakukan aksi penipuan ini adalah mereka yang tidak memiliki izin resmi alias ilegal. Keberadaan money changer ilegal yang melakukan praktik kotor di wilayah Bali ini dapat merusak citra Pulau Bali sebagai destinasi wisata dari wisatawan mancanegara.

Facebook Comments

Leave a Reply