PB Djarum Hentikan Audisi Beasiswa Bulu Tangkis, Ahsan Minta KPAI Cari Solusi

Liputanindo.com Mohammad Ahsan turut angkat bicara soal keputusan PB Djarum untuk menghentikan audisi umum beasiswa bulu tangkis. PB Djarum telah memutuskan bakal menghentikan penyelenggaraan audisi beasiswa bulu tangkis pada 2020 mendatang.

Artinya, rangkaian audisi umum beasiswa bulu tangkis yang dihelat oleh PB Djarum pada 2019 kali ini akan memasuki edisi terakhir. Setelah keputusan PB Djarum untuk menghentikan audisi umum beasiswa bulu tangkis akibat tudingan KPAI yang menilai ada unsur eksploitasi anak.

Hal ini berawal dari tanggapan KPAI yang menilai bahwa audisi tersebut lekat dengan nama Djarum yang diidentikan dengan merek rokok. Polemik yang masih terus bergulir ini pun turut disayangkan oleh salah satu atlet besutan PB Djarum, Mohammad Ahsan.

Pemain 32 tahun asal Palembang itu menyatakan bahwa penyelenggaraan audisi umum beasiswa bulu tangkis PB Djarum memiliki tujuan mencari bibit-bibit unggul pebulu tangkis dari berbagai wilayah di Indonesia.

Ahsan yang belum lama ini meraih gelar Juara Dunia 2019 bersama Hendra Setiawan menyebut bahwa pihak yang melarang audisi tersebut diharapkan mampu memberi solusi.

“Mungkin bagi pihak yang melarang, harus memberikan solusi, bisa mencarikan sponsor serupa seperti Djarum. Sekarang kalau nggak ada lagi audisi, mungkin bakat-bakat di daerah bisa nggak tahu mau ke mana. Bisa jadi nggak tersaring atau tidak terpantau,” ujar Ahsan.

Sementara itu, Ahsan sendiri menyebut bahwa PB Djarum atau Djarum Foundation dan rokok Djarum adalah dua hal yang berbeda. Selama ini, Ahsan menilai bahwa PB Djarum benar-benar hanya fokus dalam akivitas pembinaan atlet bulu tangkis.

PB Djarum Hentikan Audisi Beasiswa Bulu Tangkis

Bahkan, PB Djarum menerapkan pelarangan keras terhadap aktivitas merokok bagi seluruh atlet yang dibina. Salah satu akibat jika ada atlet yang ketahuan merokok adalah dikeluarkan dari klub yang bermarkas di Kudus tersebut.

“Namanya atlet, pastinya harus sehatlah. Kalau saya lihat, Djarum itu murni membantu pembibitan atlet,” kata Ahsan lagi.

Facebook Comments

Leave a Reply