Fadli Zon Minta Jokowi Blusukan ke Papua Demi Meredakan Kerusuhan

Liputanindo.com Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mengusulkan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke Papua. Hal itu dimaksudkan, untuk meredakan ketegangan yang terjadi di Papua yang kini masih bergejolak.

“Menurut saya, presiden perlu datang segera ke Papua, blusukan lah ke Papua,” kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Selain itu, untuk menurunkan tensi di Papua, Fadli meminta Jokowi menemui seluruh elemen masyarakat yang ada di bumi Cendrawasih. Dari mulai tokoh adat, tokoh lintas agama hingga masyarakat setempat.

“Supaya bisa tentu meredakan, karena ini pertaruhan besar menurut saya bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelasnya.

Wakil Ketua DPR RI ini prihatin masih adanya kerusuhan yang terjadi di Papua. Dia meminta pemerintah dan aparat keamanan untuk mengambil langkah cepat dan tepat agar konflik di Papua bisa diakhiri.

“Kita mengimbau kepada pemerintah dan aparat untuk segera mengambil langkah-langkah yang cepat dan tepat karena kalau ini dibiarkan saya kira akan mengancam wilayah NKRI, integritas kita, jadi tentu harus ada langkah-angkah yang cepat dan jitu,” pungkas Fadli.

Kerusuhan di Papua tidak kunjung mereda. Setelah kerusuhan pertama pecah di Manokwari, Sorong, Fak-fak, dan Deiyai, kini kerusuhan terjadi di Jayapura, ibu kota bumi Cendrawasih tersebut.

Sejumlah pihak pun mendorong Presiden Jokowi turun langsung ke Papua untuk meredakan situasi di sana. Sama seperti Fadli, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade, juga menyarankan demikian.

Bahkan, Andre menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkantor di Papua. Sarannya tersebut, agar dapat mendinginkan suasana di Papua yang belakangan terjadi gejolak berupa kerusuhan.

Terlebih, dia menyebut bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019, berhasil merebut lebih dari 90 persen suara masyarakat Papua.

“Saya usulkan Pak Jokowi dan jajaran kabinetnya segera berkantor di Papua. Sebagai pemenang lebih 90 persen Pilpres 2019 di Papua tentu bisa menyejukkan suasana di Papua,” ujar Andre kepada wartawan, Jumat (30/8/2019).

Facebook Comments

Leave a Reply