Ernest Prakasa: Akun YouTube Calon Sarjana Plagiat Video Bikin Malu Satu Negara

Liputanindo.com Media sosial akhir-akhir ini diramaikan oleh berbagai topik trending salah satunya kata kunci Calon Sarjana. Sebuah akun Youtube dari Indonesia Calon Sarjana dengan pelanggan (subscriber) 12 juta lebih dituduh telah mencuri konten orang.

Akun Youtube Calon Sarjana sendiri acap kali ditonton oleh ratusan ribu bahkan sampai jutaan pemirsa. Namun, beberapa konten dari Youtube Calon Sarjana ternyata diduga mencuri dari konten Youtuber luar negeri.

Beberapa warganet bahkan menemukan kesamaan foto dan beberapa isi konten Youtube Calon Sarjana. Awal mulanya akun Youtube yang menggunakan Twitter bernama @JTonYouTube menceritakan thumbnail foto di Youtubenya telah dicuri.

Akun bernama JT menulis di Twitter tentang akun berjumlah 12,4 juta subscriber mencuri thumbnail video Youtube

Dia tak percaya dan tertawa. Hal tersebut diungkapkan langsung dari pemilik ide dan video asli @JTonYouTube. Dia menuliskan:

“12.4 million subscribers and he steals my thumbnail. he really has no idea what i do LMAO (12.4 juta pelanggan dan dia mencuri thumbnail-ku. Dia tak tahu apa yang aku lakukan)” tulisΒ @JTonYouTube

Akun tersebut juga membandingkan perbedaan unggahan video. Di Youtube JT, thumbnail sudah diunggah 2 minggu lalu dan ditonton 1,7 juta kali. Sementara akun Calon Sarjana mengunggah 6 jam dengan 83 ribu penonton.

Tak hanya itu, akun Twitter JT juga memberitahukan ada 100 video yang Calon Sarjana curi. Lalu akun JT mengunggah pesan Calon Sarjana di Twitter yang meminta maaf pada Youtuber JT.

“Kami dari segenap keluarga besar Calon Sarjana memohon maaf kepada channel YouTube “JT” @JTonYouTube, atas kesalahan kami dalam menggunakan ide, dan menggunakan thumbnail serta potongan video tanpa seizin yang bersangkutan.” Begitulah isi pesan Calon Sarjana.

Komentar Ernest Prakasa

Salah satu yang geram dengan kelakuan saluran Calon Sarjana yakni Ernest Prakasa. Di Twitter dia mengomentari kelakuan akun YouTube Calon Sarjana tersebut:

“Seriusan yutub Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan ga bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan udah nyomot2 konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu 1 negara. Bangke amat,” tulis Ernest di akun Twitternya.

Ernest merasa emosi sebagai kreator konten. Sebab sebagai seniman, pencurian ide merupakan hal sangat memalukan.

“Sori banget nih. Tapi sebagai sesama seniman/kreator, gw gampang banget kepancing emosi kalo ada kasus pencurian ide. Apalagi oleh korporasi, dan dilakukan berulang-ulang untuk mengeruk keuntungan. Bajingan,” tuturnya.

Facebook Comments

Leave a Reply