Bupati Banjarnegara Harap Gajinya Naik Puluhan Kali Lipat Setelah Slip Gajinya Viral di Media Sosial

Liputanindo.com Sosok Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono belakangan ini menjadi viral di media sosial. Pasalnya, slip gaji Budhi Sarwono selaku Bupati Banjarnegara baru-baru ini diunggah oleh akun Instagram Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara.

Jika sebelumnya banyak orang mengira seorang bupati menerima nominal gaji yang luar biasa, Namun Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono justru mengungkap hal yang sebaliknya.

Pada unggahan akun Instagram Pemkab Banjarnegara @kabupatenbanjarnegara, terlihat jelas slip gaji yang diterima sang bupati.

“Jumlah penerimaan bersih Rp 5.961.200,” begitu tulisan yang terlihat di slip gaji itu.

Gaji Bupati Banjarnegara

Jumlah tersebut sudah dipotong zakat sebesar Rp 152.900. Tentu saja, bukan netizen namanya kalau tidak pro dan kontra dengan unggahan tersebut. Ada yang mengapresiasi unggahan slip gaji tersebut, namun ada pula yang justru berkomentar negatif. Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono tak mempermasalahkan slip gajinya diumumkan ke publik.

“Ya memang begitu adanya, faktanya begitu,” ucap Budhi.

Slip gaji Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang viral. Budhi mengaku, dia baru tahu jika seorang bupati hanya mendapat gaji sebesar itu.

“Kami kan gak tahu jadi bupati gajinya berapa, dulu gak diumumkan sih. Tahu-tahu sudah jadi bupati gajinya segitu,” jelasnya.

Dia mengatakan, idenya untuk mengunggah foto slip gajinya tersebut berawal dari salah satu anaknya. Slip gajinya tersebut, awalnya difoto oleh salah satu anaknya yang baru duduk di bangku SMP.

“Anak saya lagi duduk di samping saya, anak SMP kelas 2, baru tahu gajinya papanya segitu. “Kaget” ‘Pah berarti sama uang saku saya waktu kemarin ke Bali lebih banyak uang saku saya’, Itu kemudian difoto,” ungkap Budhi.

Dari situ, Budhi kemudian menyerahkan foto slip gajinya ke Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Banjarnegara untuk dipublikasikan. Budhi menganggap, gajinya tersebut terlalu kecil untuk seorang bupati.

“Kalau seperti itu ngajari bupati cluthak (suka mencuri), kalau cluthak sudah disiapkan jepretan (senjata) yaitu KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), habis bupati se-Indonesia,” ucap Budhi.

Oleh karena itu, Budhi berharap nasibnya sebagai Bupati Banjarnegara diperhatikan oleh pemerintah pusat.

“Harapannya sih kalau ada peningkatan syukur alhamdulillah, kalau enggak ada ya sudah. Bupati seluruh Indonesia sudah pernah menyampaikan ke Menpan RB, kalau tidak salah tahun 2017 atau 2018,” lanjutnya.

Budhi Sarwono mengatakan, seorang bupati idealnya mendapat gaji paling sedikit Rp 100 juta.

“Kalau anggota dewan saja Rp 30 juta, bupati ya Rp 100 juta atau Rp 150 juta lah,” ujarnya.

Usai foto slip gajinya menjadi viral, Budhi Sarwono pun berharap pemerintah malu.

“Kalau sudah viral ya nggak papa. Mudah-mudahan pemerintah malu dan melipatkan (gaji) 10 atau 20 kali,” tutupnya.

Facebook Comments

Leave a Reply