Vinales Terus Belajar Menjadi Yang Terbaik

Liputan Indo – Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales, menutup hari pertama GP Perancis di Sirkuit Le Mans, Jumat (19/5/2017), dengan berada di urutan ke-10 tercepat.

Sesi latihan bebas pertama (free practice 1/FP1) berlangsung di lintasan yang lembap pada Jumat pagi waktu setempat. Vinales kalah cepat 3 detik lebih dari Jack Miller (EG 0,0 Marc VDS) yang menjadi pebalap tercepat.

Pada FP2, sesi berlangsung di lintasan dengan banyak genangan air karena hujan. Andrea Dovizioso (Ducati Team) menjadi yang tercepat pada sesi ini.

Vinales berada di urutan ke-8 tercepat, tetapi catatan waktunya tak lebih baik dari sesi pertama.

“Saya selalu belajar, setiap kali kembali ke lintasan, saya belajar. Motor hari ini bagus saat hujan, terutama pada FP1 ketika lintasan tidak ada air. Saya merasa semua bagus,” kata Vinales setelah sesi.

“Saat sore (FP2), banyak air di lintasan dan jadi sedikit lebih licin. Namun, saya merasa sangat nyaman dengan motor. Dengan beberapa putaran lagi, saya bisa mempertajam waktu dan lebih dekat dengan pebalap tercepat,” kata dia.

Pebalap 22 tahun tersebut mengatakan bahwa ada peningkatan dengan motornya, terutama di sisi eletronik. Namun, dia mengaku masih butuh lebih untuk urusan cengkeraman ban.

Pebalap asal Spanyol tersebut juga senang dengan pelapisan ulang aspal lintasan Sirkuit Le Mans yang meningkatkan daya cengkeram ban.

Vinales sudah merasakan hal tersebut saat menjalani tes, beberapa hari sebelum seri keempat di Sirkuit Jerez, Spanyol, berlangsung dua pekan lalu. Ketika itu, hujan juga turun.

“Menurut saya, apal baru membuat level cengkeraman lebih meningkat karena tahun lalu dan sebelumnya, sulit untuk balapan di Sirkuit Le Mans saat hujan. Dulu rasanya seperti lotre (undian) supaya tidak jatuh,” kata dia.

Vinales saat ini menghuni peringkat kedua klasemen sementara pebalap dengan koleksi 60 poin, hanya tertinggal dua angka dari rekan satu timnya, Valentino Rossi.

Leave a Reply