Video Kapal Vietnam Sengaja Tabrak Kapal Perang Indonesia Jadi Viral di Media Sosial

Liputanindo.com Sebuah kapal Vietnam KN 213 sengaja menabrakkan diri ke kapal perang Indonesia KRI Tjiptadi 381. Aksi ini pun terekam dan videonya viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun Facebook Naufal Firdaus Nurdiansyah pada Minggu (28/4/2019).

Tampak kapal vietnam berjalan mendekat ke arah KRI Tjiptadi 381. Di badan kapal tersebut tertera tulisan Vietnam Fisheries Resource Surveillance. Vietnam Fisheries Resource Surveillance merupakan agensi pemerintah dibawa Kementerian Pertanian dan Pembangunan Luar Bandar Vietnam.


Dalam video itu, terlihat beberapa anggota TNI yang membawa senjata mencoba untuk memperingatkan kapal Vietnam tersebut agar tidak mendekat. Tetapi awak kapal vietnam tidak menghiraukan peringatan tersebut, malah mereka dengan sengaja menabrak lambung KRI Tjiptadi 381.

Hal ini membuat beberapa petugas terlihat berusaha menyerang kapal dan meminta untuk mundur. Terdengar juga umpatan dari sejumlah awak kapal yang kesal dengan tindakan yang dilakukan kapal Vietnam. Akhirnya KRI Tjiptadi 381 berjalan menjauhi kapal milik Vietnam tersebut.

Menurut akun Instagram @pemburu_rondo19 mengungkapkan alasan TNI tidak mengeluarkan tembakan lurus kepada kapal Vietnam. Hal tersebut karena Indonesia akan menyatakan perang dengan negara lawan, yaitu Vietnam.

Kapal Vietnam KN-213

Maka dari itu kapal Vietnam melakukan provokasi terhadap kapal Indonesia. Jika Indonesia terpancing maka akan kehilangan Per Klaim Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

“Secara Hukum International, jika qt mengeluarkan tembakan Lurus maka sdh menyatakan Perang dengan Negara Lawan dan qt yg disalahkan oleh Dunia Internasional, makanya dri Kapal Perikanan Vietnam melakukan Provokasi terus mulai dari memotong Halu Kapal sampai menabrakkan Kapal agar Rekan2 di KRI Panas, teteapi tetap tidak Berhasil, jika berhasil maka qt akan kehilangan Per Klaim ZEEI Indonesia – Vietnam,” tulis akun tersebut.

Facebook Comments

Leave a Reply