Utamakan Bayar Utang Atau Mudik Dengan THR Tahun Ini?

Liputan Indo Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan gaji bulan ke-13 yang diberikan oleh sebuah perusahaan untuk karyawannya agar bisa merayakan hari raya. Namun pemanfaatannya tentu tergantung pada individu masing-masing, bisa untuk berfoya-foya di saat Lebaran, untuk menambah investasi atau bahkan untuk melunasi hutang-hutang.

Menurut Perencana Keuangan Andi Nugroho, tidak ada salahnya menggunakan THR untuk membayar hutang. Justru menurutnya bayar utang merupakan pilihan yang tepat dalam memanfaatkan THR.

“Utang itu merupakan kewajiban, jadi memang lebih bijak, di banding menghabiskan semua saat lebaran” tutur Nugroho.

Sebenarnya uang THR lebih cocok untuk membayar utang di luar cicilan rutin seperti kartu kredit ataupun utang kecil lainnya. Sebab cicilan seperti rumah ataupun kendaraan seharusnya masuk ke dalam pos pengeluaran rutin dari gaji yang di dapat setiap bulannya.

Namun Andi juga menghimbau agar karyawan tidak menggunakan seluruh uang THR untuk membayar hutang. Hal itu di lakukan agar Anda masih bisa merayakan hari raya Lebaran baik itu hanya dengan keluarga kecil ataupun pulang ke kampung halaman.

“Di sini tergantung dari perasaan masing-masing karyawan. Apakah harus pulang kampung, atau hanya berada di rumah,” imbuhnya.

Pilihan utang apa yang paling mendesak dan cukup membebani dari utang yang ada. Andi juga menyarankan agar membayar 50% dari utang yang hendak dibayar. Hal itu agar anda masih ada dana untuk lebaran bersama keluarga.

Nah sisa THR bisa anda gunakan untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Perhitungkan dengan bijak sisa uang THR apakah cukup untuk pulang kampung atau hanya merayakannya di rumah.

“Jadi sebenarnya tergantung prioritasnya masing-masing, kalau menurut dia tidak apa-apa tidak pulang kampung yang penting bisa lunasi utang. Tapi kebutuhan berbeda-beda ada yang memang harus pulang kampung. Nah yang seperti itu bisa dipertimbangkan kembali untuk menunda bayar utang,” tukasnya.

Intinya, kata Andi, pikirkan dengan bijak terlebih dahulu apa yang menjadi prioritas anda saat lebaran. Terkadang bagi sebagian orang bertemu dengan orangtua dan sanak saudara di kampung jauh lebih penting dari segala hal.

Leave a Reply