Terungkap!!! Alasan Ahok Mengajukan PK yang Ditolak Majelis Hakim

Liputan Indo Pengacara sekaligus adik Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Fifi Lety Indra, mengungkapkan keinginan kakaknya jika Peninjauan Kembali (PK) dikabulkan oleh Mahkamah Agung (MA), salah satunya berkumpul dengan ketiga anaknya.

Fifi menuturkan, salah satu alasan kenapa PK tersebut baru diajukan, karena harus mengurus kasus Ahok lainnya, yaitu masalah perceraian dengan Veronika Tan.

“Mengenai momen (mengajukan PK), kita menunggu beberapa hal. Apakah kita mau PK atau enggak. Salah satu alasan karena kasus Pak Ahok yang satunya lagi. Karena memang Pak Ahok ingin mempunyai hak asuh anak juga. Jadi ingin cepat PK dikabulkan dan cepat keluar. Itu salah satu alasan mengajukan PK,” ucap Fifi di kantor Amnesty Internasional, Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Selain itu, masih kata dia, juga mempertimbangkan kondisi juga. Karena pasti ada suara-suara penolakan tersebut.

Fifi juga mengingatkan, bahwa masalah Ahok adalah urusan yudikatif. Sehingga pemerintah tak bisa melakukan intervensi. “Jadi jika ada orang-orang yang mengadukan dengan politik, jelas tidak ada,” tutur Fifi.

Dia pun menyayangkan apa yang diputuskan oleh MA soal PK Ahok. Dirinya menyebut MA harus membela yang benar. “Sayang sekali MA. Harusnya berani membela yang benar, sekali langit runtuh. Ini bukan kasus yang pure hukum. Ini kasus yang dipolitisasi,” pungkas Fifi.

Sebelumnya, Juru bicara Mahkamah Agung (MA) Suhadi mengatakan, peninjauan kembali (PK) yang diajukan Ahok atas vonis dua tahun penjara ditolak Mahkamah Agung karena alasan pengajuan PK yang tidak diterima majelis hakim.

“PK Ahok tidak dikabulkan majelis hakim. Alasan Ahok ajukan PK tidak dikabulkan majelis hakim,” ujar Suhadi Rabu 28 Maret lalu.

Menurut Suhadi, biasanya, terpidana mengajukan PK ke MA karena tiga alasan, yaitu keadaan baru atau novum, ada putusan yang bertolak belakang antara satu dengan yang lain dalam hal perkara yang sama, serta kekhilafan hakim atau kekeliruan yang nyata. Namun, Suhadi enggan menyebutkan alasan pihak Ahok mana yang ditolak majelis hakim.

“Jadi bagaimanapun dibuat argumentasi, artinya alasannya pasti tiga itu,” ujar Suhadi.

Leave a Reply