Ternyata Kisah Hidup Aktor Keanu Reeves Lebih Menginspirasi Daripada Filmnya

Liputan Indo Aktor Keanu Reeves mungkin sudah di kenal seluruh penjuru setelah sukses membintangi film layar lebar, namun banyak yang tidak tahu kisah hidupnya yang penuh dengan tragedi menyedihkan. Hal ini pun membuat Keanu menjadi seorang pribadi yang sangat patut dijadikan contoh.

Mari kita simak kisah hidupnya, dan mengambil pelajaran dari aktor Keanu Reeves. Kehidupannya bahkan lebih menarik dan inspiratif ketimbang peran-perannya di dalam film manapun.

1. Ayah Pengedar Narkoba

Keanu lahir di Beirut, Libanon. Ayah dan Ibunya bertemu dan menjalin kisah cinta di sana dan menikah, kemudian lahirlah Keanu. Sejak Keanu masih bayi, ayahnya adalah seorang pengedar narkoba sehingga sering terlibat masalah dan keluar/masuk penjara beberapa kali. Pada umur 3 tahun, ayahnya nekat meninggalkan Keanu dan ibunya. Terakhir kali Keanu bertemu ayahnya adalah pada usia 13 tahun.

2. Kesulitan di Sekolah

Dengan kehidupan yang sulit tanpa seorang ayah, dan Ibunya sering pindah-pindah tempat kerja, sehingga membuat Keanu terpaksa hidup berpindah-pindah juga. Di sekolah Keanu sering diejek dan dianggap idiot karena sulit membaca.

Padahal Keanu mengidap Dyslexia, sejenis penyakit kejiwaan yang membuat pengidapnya kesulitan untuk membaca dan belajar dengan cara konvensional. Akhirnya Keanu hengkang dari sekolah tanpa berhasil mendapatkan ijazah.

3. Hidupnya Dikelilingi Kematian

Pada tahun 1993, sahabat dekat Keanu yang juga seorang aktor bernama River Phoenix (kakak dari aktor Joachim Phoenix) meninggal karena over dosis narkoba di usia 23 tahun. Sehingga Keanu pun sangat kehilangan sahabat dekatnya ini, dia berusaha tegar menghadapi kenyataan ini. Pada tahun 1999, tunangan Keanu yang bernama Jennifer Syme mengandung bayi mereka. Pada usia kandungan 8 bulan, ia mengalami keguguran dan bayi itu meninggal. Begitu dalam kesedihan itu sampai-sampai mereka memutuskan pertunangan mereka, tetapi tetap menjalin persahabatan yang erat. Sekitar satu tahun kemudian, Jennifer meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil. Sejak saat itu, Keanu jarang terlihat bersama wanita lain. Saat ia diwawancara oleh sebuah majalah, Keanu hanya berkata, “Kesedihan tak pernah berakhir, ia hanya berubah wajah.”

4. Tetap Kuat dalam Setiap Cobaan

Meskipun dihancurkan oleh kesedihan terus menerus, Keanu tetap tegar. Bahkan dia sukses membintangi beberapa film, terutama The Matrix yang melambungkan namanya jauh lebih tinggi. Namun ketenaran ini tak dapat menyembunyikan kesedihannya, ia selalu terlihat sendirian. Bahkan ada beberapa foto hasil paparazi yang memperlihatkan Keanu yang sedang makan sendirian di taman sambil melamun. Tetapi kesedihan ini tidak membuat ia menjadi orang yang putus asa, dan rusak hidupnya. Ia justru semakin bersikap positif dan menjadi orang yang lebih baik. Ia tidak menyalahkan dunia dan kehidupannya atas kesedihan-kesedihannya. Ia malah menggunakan waktunya untuk membuat dunia menjadi lebih baik dengan kegiatan-kegiatan sosial.

Selain itu, ia juga tetap sabar dan setia. Tidak pernah terdengar kabar miring tentang Keanu Reeves dengan cewek-cewek cantik. Ia tidak pernah memiliki affair, atau terlibat pesta-pesta liar khas Hollywood. Padahal dengan tampang secakep dirinya, serta uang yang ia miliki, alangkah mudah bagi Keanu untuk gonta ganti cewek.

5. Uang Bukanlah Hal yang Utama

Keanu yang sangat dikenal di Hollywood akan kedermawanan dan kesederhanaannya. Ia selalu memberikan hadiah mahal kepada siapapun yang membantunya dalam karir. Bahkan Ia pernah membuat kejutan dengan membelikan motor Harley Davidson kepada masing-masing kru film. Ia juga memberikan $80 juta dollar kepada para kru The Matrix, dari total $144 juta dollar yang diterimanya saat membintangi The Matrix.

Dia sering rela dibayar murah, agar aktor-aktor lain yang main bersamanya bisa mendapat bayaran yang lebih mahal. Ia juga hanya tinggal di hotel-hotel murah. Ia tidak membeli rumah mewah atau hidup di kastil seperti aktor-aktor terkenal lainnya.

Keanu sering makan dari makanan pinggir jalan. Bahkan membelikan makan orang yang kebetulan kenal dirinya. Sering pula ia duduk bersama orang-orang dan mengobrol dengan santai bersama mereka. Ada sebuah video yang memperlihatkan saat Keanu naik kereta api, dan dengan sopan mempersilahkan seorang wanita untuk duduk di kursinya.

Para kru film semua menyukainya, karena Keanu selalu dengan sopan berkenalan dengan mereka dan hafal nama-nama mereka. Kadang ia sering menghabiskan waktu dengan para kru, dan membelikan mereka makanan mewah. Tak ada seorang pun di Hollywood yang menceritakan hal buruk tentang Keanu. Semua orang selalu memuji kerendahan hati dan kebaikannya. Apabila Keanu mendengar kabar bahwa ada kru yang membutuhkan uang, ia selalu menjadi orang pertama memberikan uangnya.

Saat diwawancara tentang kedermawanannya, Keanu cuma berkata, “Uang adalah hal terakhir di dalam hidup yang aku pikirkan. Dengan apa yang kumiliki sekarang, aku dapat hidup dengan sederhana selama berabad-abad.”

6. Ia Menjaga Keluarganya

Keanu adalah tulang punggung keluarganya selama ini. Kehidupan Barat yang biasanya egois dan tidak perduli kepada keluarga, bukanlah jalan yang dipilih Keanu. Ia menjadi penyokong terbesar dana bagi adiknya yang terkena kanker. Bahkan Keanu mendirikan sebuah yayasan untuk kanker, dan tidak menggunakan namanya di yayasan itu. Selain itu ia juga mendirikan yayasan untuk anak-anak, serta aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

Ada berapa banyak sahabat-sahabat kita yang berubah saat mereka menjadi kaya raya? Apakah kita sadar pula bahwa kita sendiri pun berubah saat kesuksesan datang? Menjadi orang yang tetap sederhana saat tak ada uang, adalah hal yang lumrah. Tetapi bisa tetap sederhana saat kekayaan melimpah ruah itulah baru boombastis bagi kehidupan!

Tidak banyak orang yang mampu melakukannya. Bahkan Kita sendiri pun belum tentu bisa melakukan hal tersebut.

Leave a Reply