Ternyata 5 Kuil di India Ini Tak Boleh Dimasuki Pria

Liputan Indo Kuil menjadi sebuah tempat ibadah bagi umat Hindu untuk menyembah Maha kuasa dan juga menemukan kedamaian. Tapi apa jadinya jika ada kuil yang dibuat khusus untuk jenis gender tertentu.

Misalnya, ada beberapa kuil di India melarang keberadaan pria di dalamnya. Larangan ini bukan tanpa alasan, beberapa di antaranya terkait dengan sejarah kuil.

Dikutip dari laman boldsky.com berikut 5 kuil yang tak boleh dimasuki laki-laki.

1. Temple Attukal

Kuil Attukal yang terletak di Kerala, India. Selama festival Pongala di Attukal, jutaan perempuan akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Festival ini dianggap sebagai pertemuan terbesar perempuan dalam kegiatan keagamaan dan juga telah berhasil mencapai Guinness Book of World Records.

Festival Pongala akan berlangsung selama 10 hari dan laki-laki tidak diperbolehkan masuk kedalam kuil.

2. Temple Chakkulathukavu

Kuil ini didedikasikan untuk Dewi Bhagavathi. Ritual tahunan Puja atau disebut Naari Puja biasanya diadakan pada hari Jumat pertama di bulan Desember di kuil ini.

Pada hari itu, para pemimpin laki-laki akan membasuh kaki para wanita yang telah berpuasa selama 10 hari.

3. Santoshi Maa Temple

Kuil ini hanya boleh dimasuki oleh perempuan yang belum menikah. Meski pria diperbolehkan masuk ke dalam kuil pada hari biasa, namun bila ada perayaan mereka dilarang berada di sana.

4. Lord Brahma Temple

Kuil yang berada di Pushkar, Rajasthan ini cukup populer di India. Pria yang sudah menikah akan dilarang masuk ke kuil ini.

Apalagi selama perayaan keagamaan Kartik Poornima berlangsung.

5. Bhagati Maa Temple

Kuil ini terletak di Kanya Kumari, Kerala. Legenda setempat menyebut jika kuil ini dibangun untuk menghargai usaha Dewi Parvati yang berusaha sangat keras untuk mendapatkan Dewa Siwa menjadi suaminya.

Sejak itu, di kuil ini, hanya perempuan yang diperbolehkan untuk masuk, sebagai laki-laki dilarang masuk ke sini

Leave a Reply