oleh

Tanpa Cristiano Ronaldo, Stadion Santiago Bernabeu Selalu Sepi Penonton

Liputanindo.com Stadion Santiago Bernabeu milik Real Madrid musim ini selalu sepi penonton, apa ini karena efek hengkangnya Cristiano Ronaldo ke Juventus? Hal itu terlihat saat Real Madrid menjamu Real Sociedad. Laga tersebut tercatat hanya dihadiri oleh 55,229 penonton.

Tak banyak pasang mata yang menyaksikan kekalahan Real Madrid dari Real Sociedad tadi malam. Bertanding di Santiago Bernabeu, Real Madrid justru harus kalah 0-2, pada laga jornada ke-18 Liga Spanyol, Minggu (6/1) atau Senin dini hari WIB.

Dengan kapasitas Santiago Bernabeu yang mencapai 81,044 penonton, jumlah tersebut terbilang sedikit, juga apabila dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya. Ada yang berkata bahwa penurunan ini dikarenakan perayaan Three Kings Day di Spanyol.

Akan tetapi, di waktu yang sama musim-musim sebelumnya, tak ada penurunan berarti dari jumlah penonton saat perayaan tersebut terjadi.

Sebanyak 65.217 penonton hadir musim 2013-2014 kontra Celta Vigo, pada 2012-2013, ada 72.500 penonton, dan musim 2007-2008 rekor terbanyak hadir dalam jumlah 74.000 saat perayaan Three Kings Day.

Musim ini memang Santiago Bernabeu selalu sepi penonton. Hanya satu kali musim ini ada penonton lebih dari 70 ribu, yaitu saat laga derby kontra Atletico Madrid dengan penonton 78.682.

Dalam 11 laga kandang Real Madrid lainnya, jumlahnya jauh di bawah itu. Bahkan ada lima laga yang dihadiri kurang dari 60 ribu penonton. Apakah ini efek dari hengkangnya Cristiano Ronaldo musim panas lalu?

Bisa jadi, akan tetapi Real Madrid juga tak menunjukkan hasil yang positif di atas lapangan. Los Merengues hanya menang 62,96 persen di kandang, artinya mereka gagal menang dalam 37,04 persen laga.

Jumlah ini adalah persentase terburuk yang diraih Real Madrid dalam 24 tahun terakhir. Tak heran apabila fans Real Madrid kini ogah datang ke stadion.

Berikut cuplikan Real Madrid vs Real Sociedad :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed