Sperma Mampu Mencegah Depresi Bagi Wanita, Ini Alasannya

Liputan Indo Aktivitas seks bukan hanya sekedar membuat hubungan suami istri jadi intim tapi juga berpengaruh pada ke kesehatan mental kedua pasangan. Belakangan ini sebuah studi menyebutkan air mani (Sperma) yang masuk dalam tubuh wanita bisa mencegah depresi.

Studi dari University of New York ini mengungkapkan air mani bisa berfungsi sebagai antidepresan. Terbukti bercinta tanpa kondom memiliki lebih sedikit tanda-tanda depresi dibandingkan yang menggunakan kondom.

“Bukti menunjukkan vagina menyerap beberapa komponen air mani beberapa jam sesudah terjadi ejakulasi,” kata peneliti mengutip NBC News, Jumat (21/7/2017).

Perubahan suasana hati wanita akibat hormon dalam air mani yang diserap melalui vagina. Seperti diketahui air mani mengandung beberapa hormon yang mengubah suasana hati, seperti testosteron, estrogen, hormon perangsang folikel, hormon luteinizing, prolaktin dan beberapa prostaglandin yang berbeda.

Selain itu, ada studi lain menyebutkan pelepasan senyawa saat orgasme bisa membuat seseorang jadi lebih tenang. Hal ini kemudian berpengaruh membantu tidur lebih nyenyak. Manfaat ini didapat pada saat seks solo maupun bersama pasangan seperti disampaikan dokter dari Kinsey Institute for Research in Sex, Gender and Reproduction, Amerika Serikat, Jennifer Bass.

Kelebihan maupun kekurangan waktu tidur sama-sama dapat mengaktifkan gen yang berhubungan dengan kadar depresi seseorang. Inilah mengapa seseorang perlu mengoptimalkan waktu tidur sebagai upaya mengurangi depresi.

Leave a Reply