Smartphone Lokal Kian Merosot, Sementara Produk Tiongkok Meroket di Pasar Indonesia

Liputan Indo Meroketnya pasar smartphone produk Tiongkok justru berkebalikkan dengan smartphone buatan lokal. IDC telah mencatat pangsa pasar smartphone lokal terus merosot sejak 2015.

Sebelumnya Smartphone lokal sempat menguasai 34%pangsa pasar di Indonesia pada kuartal pertama 2015, di mana saat itu pangsa produk Tiongkok hanya 12% menurut riset IDC.

Namun, pangsa smartphone lokal mulai merosot di kuartal I 2016 menjadi 20%, dan turun lagi menjadi 12% pada kuartal I 2017. Sementara, pangsa smartphone Tiongkok terus meroket hingga 23% di periode yang sama 2016 dan 31% di tahun 2017.

Secara total, lima merek smartphone, baik global, Tiongkok, maupun lokal, yang sempat menguasai pasar Indonesia pada kuartal I 2017 antara lain (1) Samsung, (2) Oppo, (3) Asus, (4) Advan, dan (5) Lenovo (termasuk Motorola). Artinya, hanya Advan yang menjadi satu-satunya merek lokal masuk ke lima besar merek smartphone di Indonesia.

Associate Market Analyst IDC Indonesia, Risky Febrian mengatakan besarnya investasi dan agresifnya pemasaran produk Tiongkok membuat para vendor lokal susah untuk bersaing dengan sumber daya terbatas.

“Mereka mampu bersaing karena strategi penggunaan selebritas sebagai brand ambassador, insentif menarik, dan margin lebih besar untuk channel partner. Kurangnya ekuitas merek membuat vendor lokal sulit untuk menyaingi mereka. Alhasil, mereka harus terus bermain di segmen harga di bawah Rp 2 juta,” jelas Risky.

Meski demikian, lanjutnya, vendor lokal terus berupaya untuk meraup kue pasar dengan strategi lain. Misalnya, mereka mengembangkan value added services (VAS) lebih banyak ke pengguna.

Beberapa di antaranya adalah Advan yang mengembangkan user interface (UI) Android bernama IdOS, Polytron dengan UI FiraOS, dan Evercross yang bekerjasama dengan Foxconn untuk mengembangkan smartphone seri Luna.

“Namun, persaingan akan semakin ketat nantinya mengingat BlackBerry akan kembali masuk ke pasar Indonesia dengan BB Merah putih, Xiaomi, dan HMD Nokia yang segera hadir dengan produk terbarunya di segmen mid-range pada tahun ini,” tambahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *