Sidang Praperadilan Setya Novanto Diamankan 125 Anggota Polisi di PN Jaksel

Liputan Indo Pihak kepolisian mengerahkan sebanyak 125 personel untuk mengamankan jalannya sidang praperadilan ketua DPR Setya Novanto (Setnov) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Ratusan personel itu disebar ke beberapa titik area pengadilan.

“Pengamanan sekitar 125 personel ya. Gabungan dari Polsek Pasar Minggu dan Polres Jakarta Selatan,” kata Kasubag Humas Polres Jakarta Selatan, Kompol Purwanta saat dikonfirmasi, Selasa (12/9).

Gabungan dari Polsek Pasar Minggu dan Polres Jakarta Selatan

Menurut Purwanta, penambahan personel dilakukan apabila terjadi hal yang tak diinginkan saat persidangan. Penambahan personel dengan meminta bantuan dari Polda Metro Jaya.

“Ya itu lihat dari situasi ya, kalau ada apa-apa kita akan minta bantuan dari Polda Metro,” katanya.

Sementara itu, sejumlah massa juga tampak memadati lingkungan PN Jaksel. Data yang dipegang kepolisian, massa yang datang dari Angkatan Mudah Partai Golkar dan Sentral Organisasi Karyawan‎ Swadiri Indonesia (SOKSI) lebih kurang mencapai 150 orang.

“Kalau dari data ya, jumlah massa 150 orang, tujuannya untuk mengawal sidang,” pungkas Purwanta.

Seperti diberitakan, Setya Novanto mendaftarkan gugatan praperadilannya pada Senin, 4 September 2017. Gugatan Novanto ini akan dikawal oleh tim advokasi Setya Novanto yang terdiri dari Agus Trianto, Ida Jaka Mulyana, dan Amrul Khair Rusin. Sedangkan KPK akan diwakili oleh tim Biro Hukum KPK.

Leave a Reply