Sering Liburan Bersama Keluarga, Hanya Dalam 8 tahun Ini Biaya yang Telah Dihabiskan Obama

Liputan Indo Liburan pasti menghabiskan banyak uang, sama seperti orang-orang pada umumnya. Namun Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44 Barack Obama juga sering mengajak keluarganya untuk berlibur. Bersama dengan istri, Michelle serta kedua anaknya Sasha dan Malia, keluarga Obama telah bepergian ke berbagai tempat wisata di dunia mulai dari Hawaii, Karibia hingga Bali.

Namun karena menyandang status sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat, keluarga Obama tentu memerlukan pengamanan khusus serta penanganan yang baik selama bepergian. Hal inilah yang akhirnya membuat liburan Obama memakan biaya yang cukup besar.

Dikutip dari theblaze.com, Selasa (27/6/2017), selama delapan tahun kepemimpinan Obama sebagai presiden AS, keluarga ini telah menghabiskan lebih dari US$ 10 juta atau Rp 133 miliar (estimasi kurs 13.315 per dolar AS) hanya untuk berlibur dalam setahun. Apabila digabungkan total biaya liburan Obama selama menjabat sebagai presiden mencapai US$ 85 juta atau setara Rp 1,13 triliun.

Angka tersebut diungkap oleh salah satu kelompok pengawas Judicial Watch. Organisasi tersebut telah melacak seluruh pengeluaran perjalanan presiden selama beberapa tahun belakangan. Dalam liburan Barack Obama ke Hawaii pada tahun 2015 lalu, keluarga Obama telah menghabiskan dana yang cukup besar mencapai US$ 5 juta atau Rp 66,6 miliar.

Biaya yang besar ini kebanyakan datang dari biaya pengamanan, penerbangan, transportasi hingga kebutuhan sepanjang perjalanan. Jumlah uang tersebut bahkan belum termasuk biaya perbaikan pesawat dan biaya komunikasi yang diperlukan untuk melindungi presiden dan keluarganya.

Obama dan keluarganya kini sedang mengunjungi Indonesia untuk berlibur di Bali dan akan mendatangi beberapa kota lain seperti Jogjakarta dan Jakarta yang pernah menjadi tempat tinggalnya di masa kecil.

Dalam liburannya ini, selain mengajak keluarga inti, Barack Obama juga mengajak saudari tirinya, yakni Maya Soetoro dan keluarganya serta beberapa orang pengawal dengan total keseluruhan penumpang mencapai 14 orang.

Obama mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali, sekitar pukul 17.55, pada Jumat (23/6) dengan menggunakan Western Air Charter Inc DBA Jet Edge Gulfstream G-V N50JE. Presiden ke-44 Amerika Serikat itu kemudian langsung meluncur ke Ubud, Gianyar, untuk menginap di hotel Four Seasons Bali.

Leave a Reply