Seluruh Rakyat Zimbabwe Sontak Bersuka Cita Dengan Kemunduran Presiden Mugabe

Liputan Indo Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe akhirnya mengumumkan pengunduran dirinya setelah berkuasa selama 37 tahun. Rakyat Zimbabwe sontak menyambut gembira pengumuman itu dan bersorak-sorai disepanjang jalanan.

Pengumuman mengejutkan itu terjadi saat parlemen tengah membahas pemakzulan Mugabe. Tak lama setelah pukul 17.00 waktu setempat, Ketua Parlemen Jacob Mudenda menunda pembahasan pemakzulan dan mengumumkan pengunduran Mugabe. Parlemen langsung menyambut kabar itu dengan gegap gempita. Mudenda menuturkan presiden baru akan diumumkan hari ini.

Warga Zimbabwe Rayakan Mundurnya Mugabe
Warga Zimbabwe Rayakan Mundurnya Mugabe

Dilansir dari BBC, Kamis (22/11), menurut Mudenda, Mugabe menyampaikan pengunduran dirinya lewat surat dan mengatakan alasan dirinya lengser demi ‘kesejahteraan rakyat Zimbabwe dan pemindahan kekuasaan secara damai lebih penting’.

“Saya, Robert Gabriel Mugabe, secara resmi mengundurkan diri dari Presiden Republik Zimbabwe saat ini juga,” demikian pernyataan Mugabe dalam surat itu.

Rakyat Zimbabwe merayakan peristiwa bersejarah ini dengan suka cita. Sejumlah aktivis bahkan berurai air mata bahagia. Mugabe suatu kali pernah mengatakan ‘hanya Tuhan’ yang bisa melengserkannya.

“Saya sangat bahagia, luar biasa, perasaan ini sangat menyenangkan, ini peristiwa besar bagi negara kami,” ujar anggota parlemen Julian Mtukudzi kepada kantor berita AFP.

“Kami sudah muak dengan orang ini, kami bersyukur dia sudah mundur. Kami tidak menginginkannya lagi. Dan ya, hari ini adalah hari kemenangan,” kata aktivis politik Vimbaishe Musvaburi sambil berlinang air mata haru.

Partai berkuasa Zanu-PF mengatakan mantan wakil presiden Emmerson Mnangagwa akan menggantikan Mugabe sebagai presiden baru.

Leave a Reply