oleh

Sebagai Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab Bagi Beberapa Tips Gemar Membaca Buku

Liputanindo.com Najwa Shihab didapuk menjadi Duta Baca Indonesia pada tahun 2016 hingga 2020 mendatang. Sebagai Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab memiliki tugas untuk menumbuhkan sikap gemar membaca buku terutama bagi anak-anak Indonesia.

Dalam acara The Readers Fest 2018 Najwa Shihab tampak membagikan tips gemar membaca buku di Indonesia. Dalam acara The Readers Fest 2018 merupakan acara festival buku terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Gramedia.com.

Acara festival yang diselenggarakan dari tanggal 1 – 7 Oktober 2018 tersebut menggelar berbagai kegiatan seperti bazar buku, talkshow, workshop, dan pagelaran musik. Najwa Shihab termasuk salah satu pengisi talkshow dan workshop pada acara tersebut.

Najwa Shihab menjadi narasumber pada Jumat 5 Oktober 2018 lalu. Dalam acara tersebut, Najwa membagikan beberapa tips agar gemar membaca buku, yaitu:

  • Nonaktifkan Media Sosial (Medsos)
  • Biasakan membaca rutin 30 menit sehari.
  • Terus berlatih membaca
  • Mulai baca buku yang disuka
  • Cari teman untuk membaca
  • Membaca buku sebelum menonton film.

Najwa Shihab juga mengatakan bahwa peningkatan minat baca di Indonesia sangat kurang. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena orang tua cenderung cukup puas dengan anak yang bisa mengeja. Namun mereka tidak berusaha meningkatkan minat baca bagi anak-anak.

Najwa Shihab mengungkapkan sikap prihatiin lantaran posisi Indonesia berada di urutan 60 dari 61 negara yang malas membaca.

Berdasarkan data yang diperoleh Najwa, minat baca di Amerika mencapai 25-27 buku per tahun per orang, di Jepang 15-18 buku, sedangkan di Indonesia hanya 0,01 per tahun.

Najwa juga memberikan pesan atau quote yang menarik bagi kaum muda agar gemar membaca.

Dari foto yang diunggah laman instagram perpusnas.go.id tersebut, tampak quote yang ditulis Najwa Shihab sebagai berikut.

“Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu. Mari jatuh cinta,” ungkapnya.

Unggahan tersebut turut menuai komentar posiitif dari para netizen. Berikut ini beberapa komentar yang tampak menghiasi kolom komentar unggahan tersebut.

@dewiyuliana93 : “Setuju, karena sebetulnya tidak ada orang yang tidak suka membaca. Mereka hanya belum menemukan buku yang mereka cintai,”

@ju12nara : “Buku yg buat aku jatuh cinta sama yg namanya membaca itu judulnya “suaka margasatwa” itu buku aku pinjem diperpustakaan sekolah ku waktu masih SD kelas 4, mungkin sekitar tahun 2005,”

@abaweee : “Iya nih lagi berusaha buat cinta membaca kok mb najwa, biar bisa lupain masalah cinta cintaan yg bisanya lukain perasaan,”

@matsuko912 : “Aku sudah menemukannya dan aku jatuh cinta terhadapnya yakni buku tentang biologi,”

@aureliamuchlissa : “Saya suka quotenya, persis yg diucapkan Mba @najwashihab pada pencanangan Gerakan Ambon Gemar Membaca,. dan stelah itu jadi jatuh cinta banget sama buku,”

Mari budayakan gemar membaca buku bersama Duta Baca Indonesia Najwa Shihab.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed