Sebagai Aksi Balas Dendam, Pria Solo Keliling Kota Dengan Bendera Malaysia Terbalik

Liputan Indo Salah satu warga Solo melakukan aksi protesnya terkait insiden gambar Bendera Merah Putih yang dicetak terbalik dalam buku panduan panitia SEA Games 2017. Warga bernama Bambang Saptono itu berkeliling kota Solo dengan gambar bendera Malaysia yang dicetak terbalik juga.

Aksi tunggal tersebut dilakukan Bambang Saptono sebagai bentuk protes atas insiden terbaliknya Bendera Merah Putih di buku panduan ajang olahraga bangsa-bangsa se-Asia Tenggara itu. Ia menempel bendera Malaysia yang terbalik berdampingan dengan Bendera Merah Putih dalam posisi yang benar.

Kedua bendera negara tersebut dipasang di mobilnya, yakni di bagian depan, samping, dan belakang mobil. Di atas gambar kedua bendera negara serumpun itu tertulis ‘29 TH SEA GAMES 2017‘. Di bawah gambar Bendera Malaysia yang terbalik itu tertulis keterangan ‘Malaysia‘.

Dalam aksinya, Bambang dengan mobilnya yang terpasang Bendera Malaysia terbalik yang disandingkan dengan Merah Putih berkeliling di sejumlah sudut kota Solo. Tak pelak, aksi tersebut mengundang perhatian pengguna jalan dan masyarakat di pinggir jalan yang dilintasi mobil tersebut.

Tak hanya itu, Bambang juga beraksi membentangkan gambar Bendera Malaysia yang dicetak terbalik itu di Bundaran Gladag Solo pada, Senin (21/8/2017). Aksi nekat tersebut pun memancing perhatian pengguna jalan.

Bambang Saptono mengatakan aksi protes tersebut dilakukan sebagai bentuk kekecewaan terhadap panitia SEA Games 2017 Malaysia yang seolah melecehkan keberadaan Bendera Merah Putih yang dicetak terbalik.

“Di SEA Games ini ada kejadian yang tidak mengenakkan terhadap simbol negara kita Bendera Merah Putih yang dilecehkan. Ini jelas melukai negara dan bangsa Indonesia,” kata dia di Solo, Senin, 21 Agustus 2017.

Untuk itu, ia pun meminta kepada Pemerintah Malaysia untuk minta maaf kepada bangsa dan negara Indonesia. Pasalnya, pelecehan tersebut terjadi di forum SEA Games di mana bendera yang terbalik itu ada di buku panduan yang dibagikan kepada para peserta.

“Karena para peserta dari berbagai negara peserta SEA Games menerima buku panduan yang salah itu. Minimal Pemerintah Malaysia minta maaf melalui media massa di Malaysia dan juga media massa di semua negara peserta SEA Games,” katanya.

Berikut ini video aksi Bambang Saptono :

Leave a Reply