Riza Patria Beberkan Darimana Asal Angka Kemenangan Prabowo-Sandi Dalam Program Rosi

Liputanindo.com Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ahmad Riza Patria akhirnya beberkan darimana asal angka yang membuat Prabowo klaim kemenangan di Pilpres 2019. Angka 62 persen dan 54 persen inilah yang membuat Prabowo Subianto yakin untuk menyatakan klaim kemenangan.

Hal tersebut seperti tampak dalam siaran langsung program Rosi yang tayang di KompasTV, Kamis (16/5/2019). Mulanya, Rosi membahas soal klaim kemenangan Prabowo dalam pidatonya di pertemuan “Mengungkap Fakta-Fakta Kecurangan Pilpres 2019” di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

“Pak Prabowo kemarin yang paling terakhir itu mengklaim kemenangan sebesar 54 persen, sebelumnya 62 persen,” kata Rosi.

Dia lantas menunjukkan dua cuplikan video deklarasi kemenangan Prabowo. Video pertama memperlihatkan klaim Prabowo pada 17 April 2019, beberapa jam setelah pencoblosan. Di video tersebut Prabowo mengklaim bahwa dirinya sudah menang dengan perolehan suara 62 persen.

Sementara video selanjutnya menunjukkan Prabowo sedang berpidato di pertemuan “Mengungkap Fakta-Fakta Kecurangan Pilpres 2019”. Di pidatonya itu, Prabowo menyatakan menang dengan perolehan 54,24 persen suara.

“Pak Prabowo sudah menyatakan menang pemilu, paling tidak yang tercatat sudah empat kali Pak Prabowo menyatakan menang pemilu,” kata Rosi begitu video tersebut selesai diputar.

Rosi lantas menyebut angka-angka 62 persen dan 54 persen yang diklaim Prabowo. Menanggapi itu, Riza Patria membeberkan asal muasal angka tersebut berasal.

“Saya ingin menjelaskan lebih awal. 62 persen itu masuk berdasarkan SMS yang masuk. 54,24 persen yang kemarin diumumkan, itu berdasarkan C1 yang masuk sejumlah 54,91 persen. Memang belum 100 persen yang masuk, tapi basisnya sudah berdasarkan C1 yang kami terima, kami verifikasi, kami validasi. Itulah hasilnya,” ungkap Riza Patria.

Riza Patria menilai, mendeklarasikan kemenangan adalah hak, dan itu diizinkan oleh aturan yang berlaku.

“Hak kami, hak juga 01, hak Nasdem sekian persen, Gerindra sekian persen. Itu hak kami. Maka itu kami sampaikan di forum beberapa hari lalu,” ujar dia.

Berikut cuplikan video nya :

Facebook Comments

Leave a Reply