Pria yang Lakukan Poligami Lebih Berisiko Terkena Penyakit Jantung, Ini Alasannya…

Liputan Indo – Percaya atau tidak, tapi ini sudah terbukti lewat penelitian Amin Daolah dengan memiliki istri lebih dari satu atau biasa di sebut poligami rupanya berpengaruh terhadap kesehatan seorang pria.

Studi ilmiah menyebutkan bahwa pria yang menjalani poligami akan memiliki risiko lebih tinggi terserang penyakit jantung dibandingkan pria yang hanya memiliki satu istri (Monogami).

“Pria yang poligami memiliki risiko dua sampai empat kali lebih tinggi terserang penyakit jantung (dibandingkan pria monogami),” kata studi terbaru melansir laman Standar Digital, Minggu (9/7/2017)

Penelitian yang dipimpin oleh Amin Daolah dari King Faisal Specialist Hospital, Arab Saudi, ini meneliti pasien dari lima rumah sakit yang ada di Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab.

Hasilnya, dari 1.068 pria yang menjalani pengobatan penyakit jantung, ada 687 pria yang sudah menikah dan 229 diantaranya memiliki dua hingga empat istri (Poligami).

Setelah diperdalam penelitian mereka, ada beberapa faktor yang kemungkinan menjadi penyebab hubungan antara poligami dengan risiko penyakit jantung.

“Bisa jadi karena pria tersebut harus bisa menyediakan kebutuhan serta memelihara rumah tangga dari istri yang berbeda-beda membuat beban keuangan bertambah yang berdampak kepada emosional seseorang,” kata Daolah.

Selain itu, ada juga tuntutan para istri yang ingin diperlakukan setara juga menjadi beban tersendiri bagi si pria tersebut. Nah, faktor tersebut yang akan memicu pria yang menjalani pernikahan poligami memiliki stres tinggi.

Studi lain menunjukkan hormon yang dilepaskan saat stres mengganggu proses biologis pria yang pada akhirnya memengaruhi kesehatan jantung.

Ini adalah studi pertama yang menyelidiki hubungan antara penyakit jantung dengan pernikahan poligami.

Leave a Reply