oleh

Presiden Prancis, Emmanuel Macron Minta Keamanan Eropa Tidak Bergantung Dari AS

Internasional Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan kepada seluruh duta besarnya di luar negeri, yang berkumpul di Paris pada Senin 27 Agustus, bahwa Eropa bisa “tidak lagi bergantung” pada Amerika Serikat (AS) untuk hal keamanan.

“Ini merupakan hak kita untuk mengambil tanggung jawab dalam menjaga keamanan, tanpa campur tangan asing, berdaulat atas wilayah kita sendiri,” ujar Presiden Macron, sebagaimana dikutip dari CNN pada Selasa (28/8/2018).

Macron juga menyinggung tentang kekecewaan terhadap AS yang dinilai semakin menjauhkan diri dari Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO). Dia juga menilai AS telah menantang konsensus pasca Perang Dunia II, tentang perdamaian dan keamanan di Eropa.

Macron mengatakan dia ingin melihat pemikiran ulang tentang bagaimana Eropa mempertahankan dirinya di masa depan. “Saya ingin kami meluncurkan tinjauan mendalam tentang keamanan kami dengan semua mitra Eropa, termasuk Rusia,” tambahnya.

Seruan presiden Prancis ,untuk kerjasama militer Eropa yang lebih besar, menggemakan komentar baru-baru ini oleh Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas.

Menulis di surat kabar Handelsblatt, Maas pekan lalu meminta Eropa untuk “mengambil bagian yang sama dari tanggung jawab” dan “membentuk penyeimbang” ke Washington ketika hubungan Eropa-AS menjadi dingin, kantor berita AFP melaporkan.

Presiden Prancis juga menyampaikan kritik terhadap Uni Eropa yang dinilai terlalu bergantung pada AS selama beberapa dekade terakhir, sehingga ketika Donald Trump naik menjadi presiden, hal itu melemahkan tingkat keamanan dan perdamaian regional.

Beralih ke Suriah, Macron menyebut dukungan untuk Presiden Bashar al-Assad akan menjadi “kesalahan besar”, tetapi kedaulatan negara harus dihormati.

Untuk itu, Macron menyebut Prancis akan siap mendukung rakyat Suriah, tidak hanya dalam mencapai perdamaian, namun juga harapan akan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed