Ponsel Huawei Keluaran Terbaru Diblacklist WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Google Play Store

Liputanindo.com Huawei terus dihantam masalah. Setelah di-blacklist oleh pemerintah AS dan didepak dari asosiasi Wi-Fi dan kartu SD, kini vendor China tersebut dilaporkan tak bisa memasang aplikasi besutan Facebook secara sistem, atau pre-loaded di ponsel Huawei.

Tak hanya aplikasi Facebook saja, sejumlah aplikasi perusahaan asuhan Mark Zuckerberg itu, seperti WhatsApp dan Instagram, juga bakal dilarang dipasang secara bawaan di ponsel Huawei masa depan.

Meski dilarang dipasang secara pre-loaded, pengguna yang memiliki ponsel Huawei saat ini masih bisa mengunduh tiga aplikasi tadi.

Namun, untuk ponsel-ponsel Huawei keluaran berikutnya, pengguna bakal tidak bisa mengdownload Facebook, WhatsApp, dan Instagram, karena Huawei juga diblokir oleh Google Play Store, sebagaimana dilansir dari Reuters, Sabtu (8/6/2019).

Berdasarkan laporan, Facebook mengambil langkah ini lantaran ingin tetap sejalan dengan peraturan yang ditetapkan di negara di mana perusahaan itu berdiri, yaitu Amerika Serikat.

Mereka tidak membeberkan secara pasti kapan langkah pemblokiran akses pemasangan aplikasi Facebook ini diterapkan pada ponsel-ponsel Huawei.

Namun, mereka memastikan bahwa pengguna yang telah memiliki ponsel Huawei hingga saat ini masih bisa menggunakan aplikasi Facebook, seperti mengunggah status dan melihat lini masa Facebook.

Google sendiri sebagai pemilik Android dan penyedia toko aplikasi Play Store, juga telah mengumumkan akan memutus akses sistem operasi dan aplikasi serta layanan Google di ponsel Huawei. Pihak Huawei belum memberikan komentar terkait masalah terbaru yang menimpa perusahannya itu.

Facebook Comments

Leave a Reply