oleh

Polres Metro Jatim Berhasil Mengungkap Kasus Pemalsu Surat Keterangan Pemeriksaan Narkotika BNN

Liputanindo.com Kasus pemalsuan Surat Keterangan Pemeriksaan Narkoba (SKPN) Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil diungkap Jajaran Polres Metro Jakarta Timur. Dari pengungkapan tersebut, diamankan satu orang tersangka berinisial RJT.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Tony Surya Putra mengatakan pengungkapan tersebut beradasarkan dari laporan masyarakat yang merasa dirugikan atas pemalsuan Surat Keterangan Pemeriksaan Narkotika.

Setelah menindak lanjuti hasil laporan tersebut terdapat 459 korban yang telah di tipu oleh pelaku atas pemalsuan Polisi Tangkap Oknum Pemalsu Surat Keterangan Pemeriksaan Narkotika BNN.

“Pelakunya adalah oknum yang mengaku sebagai pegawai BNN. Modus operansinya menawarkan kepada calon korbannya yang akan mendaftarkan PNS melamar pekerjaan perlu keterangan pemeriksaan narkotika,” kata Kombes Tony, Selasa (11/12/2018).

Atas syarat utama yang harus dicantumkan oleh seorang pelamar akan surat keterangan tersebut, pada akhirnya dimanfaatkan oleh pelaku untuk mencari keuntungan. Bahkan pelaku hanya menscan baik stemple dan tanda tangan atas surat keterangan tersebut.

“Dengan dalih bisa membantu mengeluarkan surat keterangan pemeriksaan narkotika (skpn). Kemudian ada korbannya yang tertarik untuk membuat surat keterangan ini. Karena apa, prosesnya cukup cepat dan korban ini perlu surat keterangan yang prosesnya cepat supaya dapat segera melamar sana sini,” ujarnya.

Pemalsu Surat Keterangan Pemeriksaan Narkotika BNN

Menurut Tony, para pelaku mematok tarif untuk pembuatan surat keterangan tersebut sebesar Rp 150.000/lembar.

Tentunya dengan tarif sebesar itu, menurutnya memang sedikit menggiurkan, terlebih, dalam beberapa bulan ini, tengah berlangsung perekrutan CPNS.

“Jadi, kalo mereka menjual Rp 150.000 tentu ini sangat mengiurkan. Alhamdulilah kita bisa mengungkap ini sehingga warga kita tidak menjadi korban oknum pemalsuan yang dilakukan pelaku,” ucapnya.

Sementara itu Kabid Pemberantas Narkotika Nasional Provinsi DKI Jakarta, AKBP Maria Sorlury menghimbau kepada masyarkat yang ada di wilayah DKI Jakarta apabila ingin mendapatkan surat keterangan narkotika, maka dapat langsung datang ke kantor BNNP di Jakarta Selatan.

“Seluruh masyarakat yang ingin mencari surat keterangan dapat datang ke kantor kami. Di BNNP DKI Jakarta Rasunan Said Lantai 6. Jakarta selatan. Prosesnya cepat, datang pagi tidak lama langsung selesai karena pimpinan kita siap untuk menandatangi,” ucapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed