Pemerintah Myanmar Akhirnya Bangun Tenda Pengungsian Rohingya

Liputan Indo Pemerintah Myanmar akhirnya siap membangun tiga tenda pengungsian bagi warga Rohingya yang kehilangan tempat tinggal akibat kekerasan yang terjadi di Negara Bagian Rakhine.

PBB kemarin menyatakan sudah lebih dari 270 ribu warga Rohingya mengungsi ke Bangladesh dalam dua pekan terakhir sejak meletusnya kekerasan 25 Agustus lalu, ketika militan Rohingya menyerang pos polisi.

Dua pekan setelah peristiwa itu, pemerintah Myanmar akhirnya menyatakan akan membangun tiga kamp pengungsian di sebelah utara, tengah, dan selatan Maungdaw, pusat kekerasan di Rakhine.

“Mereka yang mengungsi dan tersebar akan bisa mendapat bantuan kemanusiaan dan kesehatan dari Palang Merah setempat,” kata media pemerintah Global New Light oh Myanmar.

Laporan di media itu tidak secara spesifik menyebut warga Rohingya namun hanya desa-desa yang dihuni kelompok minoritas.

Yanghee Lee, pejabat khusus PBB untuk hak asasi di Myanmar kemarin menyatakan lebih dari seribu warga diperkirakan tewas akibat kekerasan dilakukan militer, mereka kebanyakan warga Rohingya.

Leave a Reply