Masih Ingat Guru Ghana yang Viral Karena Gambar Microsoft di Papan Tulis? Ternyata Dapat Tanggapan Langsung Dari Microsoft

Liputan Indo – Seorang guru di Ghana, Afrika yang bernama Richard Appiah Akoto menjadi viral baru-baru ini. Hal itu terjadi dikarenakan foto-fotonya saat mengajar di sebuah kelas banyak beredar di media sosial. Richard, terlihat dalam foto sedang menggambar secara rinci tampilan Microsoft Word di papan tulis.

Hal itu dia lakukan agar murid-muridnya terbayang dan bisa mengetahui bagaimana tampilan program perangkat lunak Microsoft itu. Richard melakukan itu lantaran keterbatasan teknologi di sana sehingga dia hanya bisa menggambarkan di papan tulis.

Guru berusia 33 tahun itu memang sedang mengajar di sekolah pedesaannya di Wilayah Ashanti, Ghana selatan, pada saat foto tersebut diabadikan.

“Pengajaran ICT di sekolah Ghana sangat lucu,” canda Richard, yang dikenal dengan julukannya Owura Kwadwo Hottish di Facebook.

“Saya mencintai siswa [saya] jadi harus melakukan apa yang akan membuat mereka mengerti apa yang saya ajarkan,” ujar Richard yang dilansir di telegraph.co.uk.

Sebuah laman pemberitaan di Ghana, Quartz Afrika melaporkan bahwa sekolah itu tidak memiliki komputer sejak tahun 2011. Meski demikian, di sekolah tersebut tetap ada kurikulum yang mengharuskan untuk guru mengajarkan materi Teknologi Informasi Komputer (TIK).

Seolah menanggapi berita viral tersebut, pihak Microsoft Afrika kabarnya akan memberikan bantuan kepada sekolah tersebut.

Hal itu berawal dari seorang pengusaha teknologi yang berasal dari kamerun, Rebecca Enonchong menanyakan kepada Microsoft Afrika melalui Twitter apakah mereka bisa menyediakan beberapa sumber (bantuan) yang tepat.

“Hey @MicrosoftAfrica, dia mengajar MS Word di papan tulis. Tentunya Anda bisa memberinya beberapa sumber daya yang tepat,” cuit Rebecca.

Microsoft Afrika pun akhirnya menanggapi dengan menjanjikan untuk menyediakan komputer kepada guru dan akses ke sumber pengembangan profesional gratis.

“Mendukung guru untuk memungkinkan transformasi digital dalam pendidikan merupakan inti dari apa yang kita lakukan,” jawab raksasa teknologi tersebut.

Simak cuplikan videonya :

Leave a Reply