Keinginan Guardiola Kembali ke Barcelona Membuat Manchester City Cemas

Liputanindo.com Pep Guardiola membuat Manchester City cemas, setelah menyatakan keinginan untuk kembali ke Barcelona. Jika benar terjadi, maka Manchester City mungkin harus bersiap-siap untuk mencari pelatih baru untuk menggantikan Pep Guardiola.

Seperti diketahui, Pep Guardiola memulai karier bersama raksasa Catalunya itu, baik sebagai pemain maupun pelatih. Hanya setahun setelah melatih tim Barcelona B, Pep Guardiola kemudian dipromosikan ke tim utama pada tahun 2008.

Hasilnya sangat memuaskan ditangan Pep Guardiola, lantaran pelatih asal Spanyol tersebut berhasil mempersembahkan 14 trofi untuk Barcelona. Catatan fenomenalnya tatkala membawa Barcelona meraih treble pada musim 2008-2009.

Pep Guardiola telah membawa Barcelona pada era keemasan sewaktu menjabat sebagai pelatih. Musim 2008-2012 menjadi tiga musim terbaik Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola.

Blaugrana diubahnya menjadi klub yang bermain dengan gaya khas tiki-taka yakni mengandalkan umpan-umpan pendek diimbangi penekanan penguasaan bola.

Belakangan ini, Guardiola mengungkapkan dirinya bakal kembali bergabung dengan Barcelona, cepat atau lambat tetapi bukan sebagai pelatih.

“Cepat atau lambat, saya bakal kembali ke Barcelona, tetapi sebagai presiden, lupakan soal itu. Menjadi presiden, Anda mesti tahu apa yang Anda lakukan dan bersiap untuk memiliki pengetahuan yang lebih banyak.” ucap Guardiola.

“Saya mencoba menjadi pelatih yang baik, yang tak tampil terlalu buruk dalam dekade ini, saya akan kembali ke Barcelona, cepat atau lambat,” tutur Guardiola menambahkan.

Setelah menjadi pelatih Barelona, Guardiola memutuskan untuk melatih Bayern Muenchen sebelum menjabat pelatih Manchester City.

Raksasa Jerman tersebut dibawanya menjadi juara Liga Jerman sebanyak tiga kali beruntun. Terbaru, Guardiola sukses membawa Manchester City menyabet treble domestik di Inggris pada musim 2018-2019

Pep Guardiola sendiri masih terikat kontrak dengan Manchester City hingga 2021 setelah menandatangani perpanjangan kontrak tahun lalu.

Kini, pelatih berkepala plontos itu memasuki musim keempatnya bersama Manchester City, karier terlamanya bersama sebuah klub sejak meninggalkan Barcelona pada tahun 2012.

Facebook Comments

Leave a Reply