Jokowi Resmi Umumkan Ibukota Baru di Kalimantan Timur Setelah 74 Tahun Merdeka

Liputanindo.com – Jokowi resmi umumkan lokasi Ibukota baru untuk pertama kali Indonesia pindah sejak 74 tahun merdeka. Ibukota baru Indonesia adalah Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Ibukota Indonesia akhirnya berpindah dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur setelah 74 tahun merdeka. Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut hari ini, Senin 26 Agustus 2019 di Istana Negara, Jakarta.

“Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertangera, Provinsi Kalimantan Timur.”

Alasan pemindahan ibukota tersebut karena beban kota Jakarta dan pulau Jawa yang sudah terlalu berat. 58% persen PDB ekonomi di Indonesia berada di pulau Jawa yang sebagai ketahanan pangan.

Kalimantan Timur terutama Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara dinilai ideal, karena memiliki resiko bencana yang minim. Baik banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran, dan tanah longsor.

Lokasi Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertangera juga dinilai sangat strategis. Karena berada di tengah Indonesia yang berdekatan dengan wilayah perkotaan yang telah berkembang.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan pemindahan ibukota tersebut di akun Instagramnya. Presiden memposting foto peta pulau kalimantan dengan bagian Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara yang diwarnai merah.

Melalui caption, Jokowi mengungkapkan ini adalah pertama kalinya Indonesia memilih ibu kota sendiri setelah 74 tahun merdeka. Selama ini, Indonesia belum pernah menentukan dan merancang sendiri ibu kotanya.

Kini, Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi ibu kota pertama yang dipilih sendiri.

‘Sebagai bangsa besar yang sudah 74 tahun merdeka, Indonesia belum pernah menentukan dan merancang sendiri ibu kotanya. Maka, pada siang yang berbahagia ini, saya menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan kajian-kajian mendalam, terutama dalam tiga tahun terakhir. Hasil kajian-kajian tersebut menyimpulkan bahwa lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.’

Tampaknya, publik menyambut baik rencana Jokowi memindahkan Ibukota Baru di Kalimantan Timur.

Facebook Comments

Leave a Reply