Jokowi Akan Melakukan Kunjungan ke Filipina 28 April Mendatang

Liputan Indo – Dalam beberapa hari kedepan Jokowi akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Filipina. Kunjungan ini merupakan sebuah respons cepat dari Presiden Jokowi terhadap undangan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte.

Sebelumnya, Presiden asal Filipina Duterte melakukan kunjungan kenegaraan ke Jakarta pada September 2016 lalu. Kunjungan ini menjadikan Indonesia salah satu negara pertama yang dikunjungi oleh Duterte setelah dilantik.

“Pada 28 April mendatang, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan balasan ke Filipina,” sebut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir dalam press briefing mingguan, Selasa 25 April dinihari.

Muncul beberapa isu yang akan di bahas Jokowi saat berkunjung ke Filipina nanti. Salah satu yang utama yang akan di bahas adalah soal konektivitas antar kedua negara.

“Sejauh ini kedua negara telah ada peningkatan konektivitas untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan baik dalam rangka bilateral atau di kawasan,” kata pria yang kerap disapa Tata.

Ia menambahkan bahwa pembahasan ini tidak cuma terkait konektivitas antar kedua negara. Namun ada beberapa kepentingan utama yang akan di bahas antar kedua negara bertetangga ini.

“Isu pembahasan di antaranya terkait maritim dan perbatasan yang diharapkan bisa selesai tahun ini, pemberantasan lintas batas termasuk narkoba, terorisme, kerjasama ekonomi perdagangan dan kerjasama keamanan maritim,” ucapnya.

Lawatan tersebut juga akan menghasilkan dua buah nota kesepahaman. MOU Indonesia-Filipina dibidang pertanian dan konektivitas.

“MOU kerjasama pertanian meliputi pertukaran ahli, penelitian bersama dan joint working group dan (MOU kedua) fokusnya sea conectivity,” pungkas Tata.

Leave a Reply