Jangan Lewatkan Jajanan Khas Bantul ‘Kontol Gejepit’ Saat Berkunjung ke Yogyakarta

Liputanindo.com Yogyakarta memang menjadi salah satu daerah yang memiliki sejuta keistimewaan. Mulai dari wisata hingga kulinernya yang sayang untuk dilewatkan. Berbagai jajanan pasar unik tersedia di Yogyakarta.

Siapa sangka jika dari ragam jajanan pasar tersebut, beberapa diantaranya memiliki nama yang unik, bahkan, maaf, terkesan porno. Sebut saja Kontol Gejepit atau yang disingkat dengan Tolpit. Kata ‘kontol’ diambil dari Bahasa Jawa yang bermakna alat kelamin pria.

Jajanan pasar yang satu ini merupakan kue tradisional khas Kabupaten Bantul. Terbuat dari tepung beras dan gula jawa yang menjadikan Kontol Gejepit terasa manis.

Kontol Gejepit Jajanan Khas Bantul

“Bentuknya seperti cucur, tapi kecil. Tapi bentuknya, maaf, seperti kepala kelamin pria. Jadi, oleh orang-orang dulu dijadikan sebagai bahan guyonan,” kata Tedy, warga asli Yogyakarta..

Dia mengungkapkan sebenarnya, nama asli dari jajanan pasar ini adalah Adrem, namun lebih sering di sebut Tolpit. Walaupun kini kue Tolpit bisa ditemukan, tapi tidak semua pasar tradisional menawarkan jajanan ini.

“Masih ada yang jual, di Pasar Bantul. Karena itu khas Bantul,” ujarnya.

Dia membeberkan bahwa zaman dulu orang-orang Jawa senang dengan guyonan dengan membalikkan makna sesungguhnya. Sehingga, tidak heran jika banyak nama jajanan di Yogyakarta yang punya nama yang aneh-aneh.

“Itu dulu orang Jawa kan suka guyonan dengan membalikkan makna sesungguhnya. Misalnya, jangan makan brutu (buntut ayam) nanti bisa jadi pelupa,” katanya.

Sumber : kumparan.com

Facebook Comments

Leave a Reply