oleh

Jack Ma: Jika Tak Ada Peraturan Baru, Perang Dagang China dan AS Akan Terus Berlanjut Hingga 20 Tahun

Internasional Pendiri Alibaba Jack Ma menyebutkan perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS) akan terus berlangsung jika tidak ada peraturan dagang baru. Jack Ma mengatakan bahkan jika Presiden AS Donal Trump pensiun, dibawah presiden barupun perang akan terus berlanjut.

“Bahkan jika Donald Trump pensiun, presiden baru akan datang, itu akan tetap berlanjut. Kami membutuhkan peraturan perdagangan baru, kami perlu meningkatkan WTO,” kata Jack Ma saat konferensi investor Alibaba, Sabtu (8/9/2018).

Jack Ma juga menyebutkan perang dagang China dan AS bisa berlangsung hingga 20 tahun selepas tarif baru AS yang diluncurkan. Kabarnya AS meluncurkan bea masuk impor tambahan senilai 200 miliar dolar AS kepada China.

Jack Ma mengatakan ketegangan perdagangan kemungkinan akan berdampak pada perusahaan Cina dan asing. Dia memperkirakan bisnis Cina akan memindahkan produksi ke negara lain untuk menyiasati tarif dagang yang diluncurkan AS.

“Jangka menengah, banyak bisnis Cina akan pindah ke negara lain,” tambahnya.

Diberitahukan sebelumnya, dalam pertemuan itu Jack Ma mengungkapkan mengundurkan diri sebagai Ketua Eksekutif kerajaan e-commerce raksasa asal China itu.

Meski demikian, Jack Ma akan tetap berada di dewan direksi Alibaba namun ia akan berfokus pada kegiatan kemanusiaan khususnya di bidang pendidikan.

Dalam sebuah wawancara dengan Times, Jack Ma yang merupakan mantan guru bahasa Inggris, mengatakan pensiun tidak akan menjadi akhir dari sebuah hidupnya tetapi awal dari sebuah kehidupan.

Jack Ma, yang masuk dalam daftar orang terkaya di China itu menambahkan bawa ia menyukai pendidikan. Awal pekan ini, Jack Ma mengatakan kepada Bloomberg TV, bahwa dia ingin membuat landasan pribadi, mengikuti jejak Microsoft Bill Gates.

“Ada banyak hal yang bisa saya pelajari dari Bill Gates,” kata Jack Ma.

“Saya tidak pernah bisa menjadi kaya, tetapi satu hal yang dapat saya lakukan lebih baik adalah pensiun lebih awal. Saya pikir suatu hari nanti, dan segera, saya akan kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang saya pikir saya bisa melakukan jauh lebih baik daripada menjadi CEO dari Alibaba,” pungkas Jack Ma.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed