Izin Terbang Pilot Vincent Raditya Dicabut Kemenhub Terkait Video Zero Gravity Bersama Limbad

Liputanindo.com Seorang Kapten Pilot yang bernama Vincent Raditya dinilai melakukan tiga pelanggaran terkait video zero gravity yang dibuatnya bersama Limbad, pelanggaran ini membuat izin terbangnya dicabut oleh Kemenhub.

Tiga pelanggaran itu dijelaskan Kemenhub di surat bernomor AV.402/0041/DKPPU/v/2019 tertanggal 21 Mei 2019.

Berikut hasil investigasi pelanggaran Vincent Raditya dari Kemenhub:

1. Capt Vincent Raditya pada saat mengoperasikan pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY dengan membawa penumpang yang duduk di samping Pilot (Hot Seat), tidak menggunakan shoulder harness sesuai ketentuan dalam CASR 91.105 dan CASR 91.107

2. Capt Vincent Raditya memberikan kendali terbang pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY kepada orang yang tidak berwenang. Hal ini tidak sesuai dengan ketentuan dalam CASR 91.109 (a)

3. Capt Vincent Raditya pada saat mengoperasikan pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY dengan sengaja melakukan exercise G Force (zero gravity) kepada penumpang umum

Pada poin terakhir dalam surat tersebut, Kemenhub meminta agar Vincent Raditya tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Vincent Raditya Mengerjain Limbad Dengan Penerbangan zero gravity

“Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menekankan kepada Capt. Vincent Raditya agar tidak mengulangi perbuatan tersebut pada butir 1 (satu) di atas karena dapat membahayakan keselamatan penerbangan,” tutup surat dari Kemenhub.

Imbas dari pencabutan izin terbang, pilot Batik Air itu tak akan bisa lagi menerbangkan pesawat bermesin tunggal, seperti Cessna. Terhadap keputusan pencabutan izin terbang, Vincent Raditya menerimanya dengan lapang dada.

“Terlepas dari sanksi apa yang diberikan kepada saya, terima tidak terima, apa yang bisa saya lakukan, saya menerimanya dengan ikhlas dan lapang dada,” imbuh Vincent Raditya dilansir dari kanal YouTubenya.

Vincent Raditya juga mengimbau, netter tak perlu khawatir, walau tanpa pesawat, dia tetap akan membuat konten bagi netter.

“Saya hanya berharap, netizen sekalian mengikuti isi-isi dari vlog saya. Percayalah, saya akan terus berusaha untuk memberikan apa yang terbaik buat kalian, sebisa saya.”

Vincent Raditya juga percaya, dia akan tetap mampu berkreasi walau kini lisensi terbangnya sudah dicabut.

“Satu hal yang saya yakin, hidup mati di tangan Tuhan, rizki juga di tangan Tuhan. Apapun yang ingin orang lain lakukan pada kita, akan kembali lagi pada Tuhan,” jelas Vincent Raditya.

Namun, Vincent Raditya tak mau berlarut dalam kesedihan. Setelah pencabutan izin terbangnya itu, Vincent Raditya tampak diajak berkolaborasi oleh berbagai pihak.

Facebook Comments

Leave a Reply