Indonesia Resmi Terpilih Menjadi Tuan Rumah MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika Lombok

Liputanindo.com Kabar gembira datang bagi para pecinta MotoGP yang ada di Indonesia, bahwa 2 tahun lagi negara kita akan menjadi tuan rumah dalam balapan MotoGP selama tiga tahun.

Impian Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP akhirnya menjadi kenyataan. Indonesia resmi menjadi salah satu tuan rumah MotoGP 2021 mendatang dengan durasi kontrak selama tiga tahun.

Nantinya, Indonesia akan menggelar balapan MotoGP 2021 di Sirkuit Mandala yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kabar Indonesia resmi gelar MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika ini disampaikan oleh Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer.

“Kami tanda tangan kontrak pada Januari dengan Dorna, kita bersaing dengan Brasil, tetapi akhirnya kita yang dapat di 2021. Kami siapkan venue, bangun sirkuit,” ungkap Abdulbar kepada Grid Oto.

Banyak yang sudah penasaran mengenai sirkuit Mandalika yang akan dijadikan tempat perhelatan MotoGP 2021 nanti.

Berikut profil Sirkuit Mandalika NTB yang akan menjadi tempat perhelatan MotoGP 2021 di Indonesia.

1. Lokasi Sirkuit

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat
Sirkuit Mandalika yang akan menjadi tuan rumah pada balapan MotoGP 2021 merupakan kawasan wisata seluas 1.035 hektar yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Sebelum diresmikan menjadi sirkuit untuk MotoGP 2021 nanti, Mandalika memang sudah berdiri sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang diharapkan dapat menjadi perhatian turis dalam memilih tempat liburan.

Mandalika juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti 7 spot wisata alam dan beberapa hotel.

2. Pembangunan Sirkuit Mandalika

Pembangunan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat
Maka Pembangunan Sirkuit Mandalika ini dipercayakan kepada Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang bekerja sama dengan Vinci Construciton Grands Project (VCGP) yang merupakan anak perusahaan konstruksi global dari Prancis.

Menurut rencana, MotoGP Indonesia bakal masuk ke kalender balap pada musim 2021 dengan Sirkuit Mandalika, NTB, sebagai tuan rumah. Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang mengejutkan, mengingat Carmelo Ezpekata (Bos Dorna) telah mengunjungi lokasi itu pada akhir 2018 silam.

Rencananya arena lomba MotoGP di Mandalika akan dibangun pada Oktober 2019 mendatang dan akan memakan waktu 6-9 bulan. Sirkuit ini akan mengusung konsep sirkuit jalanan. Informasi itu disampakan oleh Direktur Pengembangan ITDC, A A Ngurah Wirawan, yang juga bertanggung jawab pada pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Kita punya waktu dua tahun dan semua berharap bisa selesai tepat waktu agar bisa menyelenggarakan balapan pada 2021,” tuturnya memungkasi.

Biaya pembangunan Sirkuit Mandalika ini diperkirakan membutuhkan investasi sebesar Rp 4,54 triliun. “Seluruhnya itu Rp 4,54 triliun sampai 7 tahun ke depan, tetapi yang kita belanjakan Rp 3,6 triliun akan habis terserap dalam 3 tahun sampai 2021,” kata Ngurah Wirawan.

3. Alasan Dipilihnya Sirkuit Mandalika

Panorama Indah Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat
Bukan Sentul, Sirkuit Mandalika dipilih untuk menggelar MotoGP 2021 karena menawarkan panorama indah sebuah lagun, sebuah solar cell farm, lapangan golf, area komersil dan perkotaan.

Sirkuit Mandalika yang terletak di NTB ini dibangun di atas lahan seluas 160 hektar. Sirkuit Mandalika ini pun juga memiliki desain sirkuit jalan rata sepanjang 4,32 kilometer.

Leave a Reply