Humas Dishub Klarifikasi Aksi Pemukulan Anggota Dishub Terhadap Warga Sipil di Bandung

Liputanindo.com Humas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung, Eric Alam Prabowo menanggapi video aksi pemukulan pria berseragam Dishub terhadap seorang warga sipil yang viral di media sosial. Eric membenarkan bahwa petugas itu merupakan anggotanya.

“Memang betul itu anggota kami. Jadi kami langsung melakukan pemanggilan terhadap anggota kami yang ada di video tersebut,” ujar Eric melalui telepon seluler, Rabu (20/2/2019).

Namun, Eric membantah beberapa informasi yang tidak benar terkait video tersebut. Sebelumnya beredar informasi bahwa petugas berinisial NN itu memukul seorang tukang parkir yang mogok memberikan jatah atau setoran kepada Dishub tersebut. Menurut Eric, informasi tersebut tidaklah benar.

Menurutnya, NN yang berstatus sebagai PHL (Pegawai Harian Lepas) itu bertugas mengatur lalu lintas di kawasan Simpang Sukarame. Sementara korban yang dipukul merupakan ‘Pak Ogah’ atau warga yang berusaha ‘mengatur’ lalu lintas dengan imbalan uang seikhlasnya dari pengguna jalan.

Korban diketahui sering mengatur lalu lintas di area tersebut. “Jadi itu bukan tukang parkir, tapi ‘Pak Ogah’,” ujar Eric.

Pemukulan itu bermula saat pengamanan jalur pertandingan Persib Bandung Vs Arema FC pada Senin (18/2/2019). NN lalu memberikan teguran pada Pak Ogah agar tidak lagi beraktivitas di area tersebut. Alasannya, Polres dan Dishub yang akan melakukan pengaturan lalu lintas.

“Dia sudah diimbau untuk tidak berktivitas dua hari tersebut, karena pengendalian akan dilakukan oleh Polres dan Dishub. Tapi mereka masih beraktivitas,” ujar Eric.

Namun demikian, Eric mengatakan pihaknya tetap tidak membenarkan apapun alasan pemukulan yang dilakukan NN terhadap warga. NN juga telah dipanggil oleh pihak Dishub untuk dilakukan penindakan lebih lanjut.

“Apapun alasannya, kami menyesalkan kejadian yang dilakukan oleh petugas kami. Kami sudah mendapat video tersebut. Kami tidak mau tinggal diam juga jadi kami langsung memanggil orang yang bersangkutan,” tambah Eric.

Berikut video aksi pemukulan pria berseragam Dishub terhadap seorang warga sipil di Bandung.

Leave a Reply