Fakta Aneta Baker, Turis Selandia Baru Dilecehkan oleh Pegawai Hotel Saat Minta Refund

Liputan Indo Wisatawan Cantik asal Selandia Baru mendapatkan perlakuan yang tak menyenangkan dari seorang pegawai hotel tempatnya menginap saat berkunjung ke Bali.

Kejadian itu bermula ketika Aneta hendak meminta refund atau uang kembali dari pihak hotel, pasalnya terjadi kesalahpahaman yang menyebabkan Aneta dan kawan-kawannya harus membayar lebih biaya hotelnya.

Aneta pun mendatangi pegawai hotel yang berwenang menangani keluhan tamu. Namun, alih-alih mendapatkan uangnya kembali.

Pegawai itu pun menyebutkan, perlu waktu yang tak sebentar untuk mengembalikan uang Aneta. Bisa saja, ujar pegawai itu, uang Aneta dikembalikan dengan menggunakan kocek pribadinya, namun dengan suatu syarat.

Aneta yang tak mengerti arah pembicaraan itu pun mempertegas pertanyaannya. “Jadi kamu bisa mengembalikan uang, bukan dengan uang hotel, tapi uang milikmu?” ujar Aneta seperti dalam video yang diunggahnya dalam akun Facebooknya, 3 Februari lalu.

Sang pegawai itu pun mengiyakan dan membeberkan syarat, jika uang Aneta ingin dikembalikan. Yakni, Aneta harus mau berbuat mesum dengan pegawai tersebut. Respon yang Aneta berikan pun tampaknya tidak sesuai dengan harapan pria mesum tersebut.

“Menurutku kamu seharusnya sama sekali tidak menawarkan hal tersebut. Satu, itu tak etis. Dua, tak profesional. Tiga, aku sudah bilang bahwa aku sudah menikah,” kata Aneta.

Aneta juga menyatakan bahwa tawaran tersebut membuatnya merasa dilecehkan dan ingin menampar si pegawai hotel, meski tak ia lakukan.

“Sungguh menggelikan. Aku merasa dilecehkan walaupun kamu cuma menawarkan,” ujar Aneta.

Berikut, beberapa fakta dari berbagai sumber terkait pelecahan tersebut :

1. Aneta Baker Bukan Sosok Wanita Biasa

Usut punya usut, sosok Aneta Baker ternyata bukan wanita sembarangan. Aneta Baker adalah pendiri dan pemilik dari She is Called.org.

Sebuah situs website yang bergerak menyuarakan kemajuan dan kebebasan kaum perempuan di negaranya. Selain aktif didunia aktivis perempuan, bahkan wanita yang statusnya telah menikah dan dikaruniai beberapa anak ini, juga aktif dalam dunia menulis.

2. Sudah Menikah dan Memiliki Tiga Orang Putra

Aneta Baker ternyata sudah menikah dan memiliki tiga orang anak. Status pernikahan Aneta diketahui melalui tayangannya di Facebook. Sementara itu, kehadiran tiga anaknya tersebut diunggah dalam sebuah foto yang bertajuk “gambaran sesungguhnya aku saat menjadi seorang orang tua”.

3. Unggahannya di Facebook dibagikan lebih dari 20 ribu kali

Kasus pelecehan tersebut pertama kali diketahui lewat akun media sosial Aneta Baker, saat menyadari dirinya hendak dilecehkan Aneta secara sigap merekam percakapannya dengan pegawai hotel tersebut.

Video berdurasi 8 menit 24 detik itu dibagikan lebih dari 23.349 kali. Tayangan tersebut mendapatkan 73 ribu tanggapan dari pengguna facebook dan menuai ribuan komentar.

4. Pegawai yang Melecehkan Aneta telah Dipecat

Direktur Eksekutif PHRI Bali, Ida Bagus Purwa Sidemen mengatakan pihaknya sangat menyesalkan kejadian tersebut.

“Sayang sekali hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi saat kita sedang menggaungkan agar pariwisata Bali pulih kembali,” ujar Sidemen.

Berdasarkan hasil pertemuannya dengan pihak hotel, Sidemen menambahkan staff bersangkutan sudah diberhentikan oleh managemen hotel.

“Bagi kita semua itu merugikan banyak pihak, khususnya Bali, bahkan Indonesia secara umum,” imbuh Sidemen.

Sementara itu, pihak hotel Ramada Bali Sunset Road Kuta enggan berkomentar. Menurut informasi, terduga pelaku dalam video itu belum bekerja setahun di Ramada Bali Sunset Road.

5. Aneta Banyak Mendapatkan Dukungan

Setelah mengunggah videonya, Aneta pun mendapatkan banyak dukungan dari netizen.

Seperti yang diungkapkan oleh pemilik akun Shonae Chase.

‘Kerja bagus teman!! aku sangat bangga kepadamu! sungguh orang aneh sedang terkencing-kencing di celannya sekarang, orang yang teman, kamu berhadapan dengan orang yang salah!’ tulis Shonae Chase.

Kemudian John Sharon Pirrot yang merasa bangga dengan reaksi yang dilakukan oleh Aneta yang sigap merekam video pelecehan tersebut.

‘Aku bangga sekali kepadamu. Sangat bagus melihat bagaimana bahasa tubuhnya berybag, saat kau akan melaporkannya, tentunya dia akan menyesali hal ini karena tertangkap. Semoga ini bisa menjadi pembelajaran baik bagi pemuda ini’ ujar John

Leave a Reply