oleh

Donald Trump Pangkas Dana Bantuan Lebih Dari USD 200 Juta Untuk Palestina

Internasional Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah memangkas lebih dari US$ 200 juta bantuan ekonomi yang selama ini dialokasikan ke Gaza dan kawasan Tepi Barat, Palestina. Informasi ini ikutip dari laman BBC, Sabtu (25/8/2018).

Pemeritah AS mengatakan, keputusan itu dibuat setelah meninjau dan memastikan apakah dana-dana yang digunakan selama ini sesuai dengan kepentingan nasional dalam negeri. Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS menyampaikan bahwa pihaknya akan mengarahkan dana itu pada proyek-proyek prioritas utama di tempat lain.

Hubungan antara Palestina dan AS kian sulit dan menemui banyak kendala setelah kepemimpinan Washington DC diambil alih oleh Donald Trump.

Titik terendah yang dialami oleh Palestina terjadi setelah Amerika Serikat mengakui secara sepihak Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Desember 2017. Akibatnya, Palestina menganggap bahwa AS tidak dapat melanjutkan peran mediasinya dalam proses perdamaian dan menghentikan kontak.

Sementara itu, pada Jumat (24/8), juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa keputusan pengalihan dana Palestina ke sektor lain akan terus dilakukan. Tetapi ia belum dapat memastikan ke mana dana itu akan dialihkan.

Pejabat AS lainnya juga mengatakan, keputusan itu mempertimbangkan tantangan yang dihadapi komunitas internasional dalam memberikan bantuan ke Gaza, di mana Hamas mengendalikan serta dituding membahayakan kehidupan warga Palestina.

Kelompok itu juga dianggap menurunkan situasi keamanan dan ekonomi yang selama ini terjadi di Palestina.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed