Di Bawah Arahan Jokowi, Siti Aisyah Resmi Dibebaskan Dari Hukuman Mati Dalam Kasus Pembunuhan Kim Jong Nam

Liputanindo.com – Siti Aisyah, Warga Negara Indonesia (WNI) terdakwa kasus pembunuhan Kim Jong Nam resmi dibebaskan hari ini. Kementerian Luar Negeri RI menyatakan, diperlukan proses cukup panjang dalam proses pembebasan Siti Aisyah hari ini, Senin (11/3/2019).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanantha Nasir mengatakan, Presiden Jokowi langsung mengarahkan sejumlah menterinya untuk mengawal kasus tersebut hingga tuntas.

Setelah menjalani proses yang panjang dalam persidangan, Siti Aisyah akhirnya dibebaskan setelah jaksa Muhammad Iskandar Ahmad mencabut dakwaannya. Hakim Azmin Ariffin sendiri menyetujui permintaan jaksa untuk membatalkan dakwaan pembunuhan.

“Siti Aisyah dibebaskan. Dia bisa pergi sekarang,” kata hakim Azmin Ariffin kepada Pengadilan Tinggi Shah Alam, Senin (11/3/2019).

Alasan Muhammad Iskandar Ahmad mencabut dakwaannya sendiri tak diketahui jelas. Dia hanya mengatakan Siti Aisyah bebas dan bisa meninggalkan negara Malaysia.

Siti Aisyah Resmi Dibebaskan dan Siap di Pulangkan ke Indonesia
“Pembebasan ini adalah suatu proses panjang dari upaya RI untuk membebaskan Siti Aisyah dari hukuman mati,” ujar pria yang kerap disapa Tata ini, saat konferensi pers di Kantor Kemlu RI, Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2019).

“Sejak Siti Aisyah ditangkap Bapak Presiden (Jokowi) telah meminta dilakukannya kordinasi erat antara Menteri Luar Negeri, Menkumham, Kapolri, Jaksa Agung, dan Kepala BIN,” lanjut dia.

Tak sampai disitu, kordinasi juga dilakukan kepada kuasa hukum yang ditunjuk Indonesia mendampingi Siti Aisyah, yaitu Gooi Azura, untuk memperkuat tuduhan kepada Siti Aisyah sebagai pelaku pembunuhan tak dapat dibuktikan.

Dia mengatakan, sejak awal tim pengacara juga telah menyatakan tak ada bukti yang kuat untuk menjerat Siti Aisyah sebagai pelaku pembunuhan yang terjadi 17 Februari 2017. “Sehingga pada hari ini jaksa telah menghentikan tuntunanya dan Siti Aisyah telah dibebaskan,” tutur Tata.

Doan Thi Huong dan Siti Aisyah Terlibat Dalam Kasus Pembunuhan Kim Jong Nam
Diketahui, Aisyah dan seorang warga negara Vietnam yang bernama Doan Thi Huong telah disidang sejak Oktober 2017. Keduanya sempat terancam hukuman mati atas dakwaan pembunuhan terhadap Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un.

Keduanya didakwa mengusapkan gas saraf VX yang mematikan ke wajah Kim Jong-Nam di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia.

Dari serangkaian persidangan yang dilewati, keduanya menyangkal dakwaan itu. Mereka sama-sama meyakini bahwa mereka saat itu sedang mengikuti acara reality show.

Leave a Reply