Bupati Cantik Hadiri Undangan Trump ke AS Tanpa Izin Dinonaktifkan Sementara Oleh Mendagri

Liputan Indo Bupati Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip dinonaktifkan sementara oleh Menteri Dalam Negeri. Kabar tersebut diketahui setelah Kementerian Dalam Negeri melayangkan surat pemberhentian sementara Bupati Talaud tersebut ke Pemprov Sulut.

Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulawesi Utara Jemmy Kuemendong mengaku telah menerima surat Keputusan Mendagri nomor 131.71-17 tahun 2018 itu.

Sebelumnya diberitakan, Mendagri Tjahjo Kumolo menonaktifkan Bupati Talaud Sri Wahyuni Manalip selama 3 bulan. Bupati Sri dinonaktifkan karena dua kali pergi ke Amerika Serikat (AS) dalam waktu sebulan tanpa izin.

Keputusan ini diambil setelah tim Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengecek laporan soal pergi tanpa izin tersebut. Sri sendiri juga telah mengakui hal itu.

“Atas laporan daerah, bupati tersebut sebulan 2 kali pergi ke Amerika tanpa izin. Tim Kemendagri datang dan cek ke Pemda Sulut dan Kabupaten Talaud. Bupati mengakui tanpa izin,” kata Tjahjo saat dimintai konfirmasi, Jumat (12/1/2018).

Bupati Talaud, Sri Wahyumi diberhentikan sementara selama 3 bulan sejak tanggal yang ditetapkan. Bupati periode 2014-2019 itu diberhentikan karena mengadakan perjalanan ke luar negeri tanpa surat izin dari Kemendagri.

Sebelumnya, bupati yang selalu berpenampilan modis ini telah mendapat komentar dari warganet mengenai undangan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang diberikan untuknya.

Tjahjo mengatakan keputusan tersebut diambil berdasarkan UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah. Tjahjo mengaku sudah menandatangani surat keputusan tersebut.

“Sesuai UU 23 kemudian diberhentikan selama 3 bulan nonaktif. Keputusan sudah saya tanda tangani,” ungkapnya

Leave a Reply