Bukan Tanpa Alasan Sarri Ingin Mengganti Arrizabalaga Dengan Caballero Jelang Babak Adu Penalti

Liputanindo.com Laga final Piala Liga Inggris memperlihatkan perselisihan antara pelatih dan kiper di kubu Chelsea. Perselisihan pelatih Maurizio Sarri, dengan kipernya, Kepa Arrizabalaga menuai kontroversi dan menjadi bahan pembicaraan.

Perselisihan itu terjadi saat Maurizio Sarri berniat mengganti Kepa Arrizabalaga menjelang babak perpanjangan waktu berakhir, atau dimulainya babak adu penalti. Namun, Arrizabalaga menolak permintaan Sarri.

Keputusan Arrizabalaga tersebut sempat membuat Maurizio Sarri berang meski akhirnya dia tidak bisa berbuat banyak dengan penolakan Arrizabalaga. Sarri bukannya tanpa alasan saat ingin mengganti Arrizabalaga dengan kiper cadangan, Willy Caballero.

Arrizabalaga saat itu sempat dua kali mengalami masalah karena salah mengambil posisi dalam menyelamatkan bola. Selain itu, Caballero yang awalnya diproyeksikan sebagai pengganti juga memiliki catatan penyelamatan penalti yang gemilang.

Dilansir dari statistik keduanya, Caballero mampu menyelamatkan 11 tendangan penalti dalam 28 kesempatan yang dia hadapi. Itu artinya, hampir 50 persen (tepatnya 39,2 persen) tendangan penalti lawan berhasil digagalkan oleh kiper berkepala plontos tersebut.

Sementara Arrizabalaga ‘baru’ dapat menyelamatkan 4 tendangan penalti dalam 17 usaha yang dihadapinya. Artinya tingkat keberhasilan Arrizabalaga cuma 23,5 persen, jauh berbeda dengan Caballero.

Namun Caballero gagal membuktikan kemampuannya lagi karena Arrizabalaga akhirnya tetap melanjutkan tugasnya di bawah mistar gawang hingga laga adu penalti berakhir. Dibabak adu penalti ini, Arrizabalaga sendiri hanya mampu menyelamatkan satu tendangan penalti Man City dan gagal menyelamatkan Chelsea dari kekalahan 3-4 dalam babak adu tos-tosan.

Hasil tersebut membuat Chelsea gagal merebut salah satu titel yang bisa mereka raih pada musim ini. Adapun The Citizens, yang menjadi juara bertahan, sukses mempertahankan gelar Piala Liga Inggris musim sebelumnya.

Leave a Reply