Bersih-Bersih Sel Tahanan Jadi Kegiatan Rutin Setya Novanto Selama Berada di Rutan Merah Putih

Liputan Indo Mantan Ketua DPR yang kini menjadi terdakwa kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto, mengaku banyak belajar selama ditahan di Rutan Merah Putih, KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. Menurut mantan ketua DPR RI tersebut, keadaan sulit di tahanan mengingatkan dirinya saat masih susah dan belum sukses baik sebagai pengusaha maupun politisi.

Berkali-kali, Setya Novanto kerap curhat soal hidupnya kini bak anak kost karena harus menyiapkan segala kebutuhan seorang diri di dalam Rutan Merah Putih. Bahkan bersih-bersih kamar sel-nya juga harus dilakoni sendiri.

Itulah hikmat yang dipetik Setya Novanto selama berbulan-bulan menjadi penghuni Rutan Merah Putih, KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Meski awalnya tidak terbiasa, lama kelamaan Setya Novanto mengaku sudah terbiasa berjibaku dengan alat-alat kebersihan yakni sapu ijuk, alat pel, ember, gayung plastik, hingga kemoceng.

“Yah kami pokoknya bagi-bagi tugas, semua sudut di sel di lap jangan sampai kotor. Sampai sarang laba-laba juga saya bersihkan,” ucapnya Senin (12/2/2018) di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Setya Novanto melanjutkan, kini tugasnya di rutan bertambah tidak lagi mencuci piring tapi juga ngepel dan menyapu bergantian dengan penghuni tahanan lainnya.

Tak hanya itu, Novanto juga mengaku saat ini sudah mulai rajin ibadah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, selama menjadi tahanan KPK. “Iya selalu (salat) berjamaah,” ucap Novanto.

Kini Novanto menuturkan, saat ini dirinya sudah mulai merasakan hidup dari bawah lagi, karena lepas dari apa pun yang melekat saat masih menjabat sebagai Ketua DPR RI. “Sekarang belajar lagi dari bawah. Belajar ngepel lagi, nyapu lagi,” pungkasnya

Leave a Reply