Arab Saudi Resmi Rayakan Idul Fitri 1 Syawal 1440 H Hari Ini

Liputanindo.com Arab Saudi mengumumkan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari ini, Selasa (4/6/2019). Selain Saudi, negara yang merayakan Idul Fitri hari ini adalah Uni Emirat Arab (UEA).

Pengumuman hari pertama Idul Fitri itu dilakukan usai pihaknya melakukan pengamatan bulan pada Senin (3/6).

Perayaan akan dimulai dengan salat Idul Fitri, yang akan dimulai setelah salat Subuh. Setelah salat, keluarga akan berkumpul untuk makan sarapan pertama mereka di pagi hari setelah sebulan penuh puasa dari fajar hingga matahari terbenam di bulan Ramadhan.

Selain acara keagamaan, Arab Saudi juga mengumumkan serangkaian konser untuk merayakan Idul Fitri. Negara Teluk itu akan menjadi tuan rumah salah satu festival Idul Fitri terbesar di Timur Tengah yang mengumpulkan 13 penyanyi dari seluruh wilayah pada akhir minggu ini.

Sementara itu, negara-negara lain mengumumkan Idul Fitri di negaranya jatuh pada hari Rabu (5/6). Negara-negara itu antara lain Tunisia, Australia, Indonesia, dan Filipina.

Penetapan 1 Syawal 1440 Hijriah di Indonesia dilakukan setelah Menag menerima laporan pemantauan hilal dari sejumlah titik di Indonesia mulai dari provinsi Aceh sampai Papua. Hilal dilaporkan tak terlihat. Tak hanya di Indonesia, hilal juga tak terlihat di sejumlah negara di luar negeri.

Proses penentuan awal Syawal di Indonesia oleh Kemenag ini menggunakan metode hisab dan rukyat dalam penentuan awal bulan Hijriah. Hal itu sebagaimana diatur di dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.

Sementara Maroko baru menggelar pengamatan bulan pada hari ini. Artinya, kemungkinan hari raya Idul Fitri di Maroko jatuh pada Rabu.

Facebook Comments

Leave a Reply