Anies Janji Prioritaskan Renovasi Masjid Jami Al Mansyur Sebagai Cagar Budaya

Liputan Indo Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berziarah ke makam Imam Hamid Al Mansyur dalam rangka peringatan haul 50 tahun di Masjid Jami Al Mansyur, Tambora, Jakarta Barat, Minggu (22/10). Dalam kunjungan ini di hadapan jemaahnya, Anies berjanji akan melakukan renovasi masjid yang sudah berdiri sejak 300 tahun lalu.

Anies mengatakan Masjid Al Mansyur sudah dijadikan cagar budaya sejak tahun 1988. Karena itu pula, dia akan memprioritaskan renovasi bangunan tersebut di Jakarta.

Anies di Sambut Jemaah Masjid Jami Al Mansyur
Anies di Sambut Jemaah Masjid Jami Al Mansyur

“Masukan renovasi masjid ini sebagai prioritas renovasi di Jakarta,” ujarnya saat memberikan sambutan, Minggu (22/10).

Anies melihat Masjid Jami Al Mansyur sebagai cagar budaya, namun masjid tersebut tidak mendapat perawatan layak. Selain itu, banyak pula bangunan tua yang bernasib sama dengan Masjid Al Mansur.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini mencontohkan ada sekolah yang berdiri sejak 1900. Anies mengaku telah bertemu dengan komunitas sejarah dan berupaya memberdayakan bangunan tua di Jakarta, sehingga memberikan manfaat ekonomi.

Anies Janji Prioritaskan Renovasi Masjid Jami Al Mansyur Sebagai Cagar Budaya
Kunjungan Anies di Anies Masjid Jami Al Mansyur

“Kita ingin bangunan tua ini bisa dimanfaatkan tidak hanya jadi tujuan wisata. Insya Allah akan memberi manfaat ekonomi di Jakarta,” tuturnya.

Kendati begitu, wacana tersebut belum masuk anggaran APBD 2018.

Dari pantauan, Anies datang sendiri tanpa wakilnya Sandi pada sekitar pukul 9.20. Warga langsung berebut menjabat tangan Gubernur baru itu. Selain itu, Anies menyempatkan ke makam Imam Hamid Al Mansyur sebelum membuka sambutan dalam kunjunagn tersebut.

Leave a Reply