Anies Baswedan Belepotan Lumpur Saat Turut Mendukung Gerebek Sampah di Kali Tegal

Liputan Indo Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, turut menghadiri kegiatan grebek sampah yang digelar UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Kegiatan tersebut digelar di sepanjang aliran Kali Tegal Amba RW 02 Kelurahan Pondok Bambu, Duren sawit Jakarta Timur, Sabtu (30/12/2017).

Kehadiran Anies sendiri sontak membuat para PPSU yang saat itu tengah melaksanakan tugasnya terkejut, pasalnya kehadiran Anies sendiri tidak terencana sebelumnya.

Tak hayal, Anies yang mengenakan pakaian orange dan celana kargo warna coklat ikut serta bergabung dengan para PPSU yang saat itu tengah membersihkan sungai. Anies terlihat belepotan lumpur kali yang semula penuh dengan sampah.

Namun para PPSU yang hadir pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berfoto bersama walau dalam keadaan penuh lumpur akibat membersihkan sungai.

Para PPSU Foto Bersama Anies Baswedan
Para PPSU Foto Bersama Anies Baswedan

Dalam kesempatan tersebut Anies menilai walau sungai sudah terlihat bersih namun perilaku masyarakat membuang sampah di sungai masih terlihat.

Menurut Anies, grebek sampah dilakukan berdasarkan aduan warga karena kali mengalami penyempitan dan pendangkalan akibat sedimen lumpur dan sampah.

“Sebanyak 500 petugas kita kerahkan membersihkan sampah yang ada sekaligus mengedukasi warga agar tidak membuang sampah di kali,” kata Anies, Sabtu (30/12/2017).

Menurutnya, akibat pendangkalan tersebut air sulit mengalir, kedepan perlu normalisasi seperti dikeruk agar menjadi lebar dan dalam serta diagendakan di tempat-tempat lainnya. Tak hanya itu ia pun mengajak masyarakat agar semakin peduli dan berpartisipasi menjaga kebersihan aliran air agar tak mengganggu kelancaran saluran air.

Gerebek Sampah di Kali Tegal Diharapkan Bisa Menyadarkan Warga
Gerebek Sampah di Kali Tegal Diharapkan Bisa Menyadarkan Warga

Adapun program seperti dapat dilakukan setiap satu minggu sekali agar saluran air dapat terjaga dan tidak ada yang tersumbat.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, untuk kegiatan hari ini pihaknya mengerahkan 500 petugas terdiri dari pasukan oranye, pasukan biru serta PPSU setempat, serta 10 truk sampah.

“Hasilnya lumayan maksimal, kedepan setelah bersih kita libatkan RT dan RW untuk memaksimalkan OTT pembuang sampah agar warga jera dan tidak lagi buang sampah di saluran,” katanya.

Leave a Reply