Ada 5 Pengusaha Kaya Hidup Sederhana

Liputan Indo Tak sedikit orang kaya yang mampu membangun bisnisnya dari nol. Mereka yang mulai dari nol bukan seperti Donald Trump yang memang berasal dari keluarga kaya raya yang mewarisi kerajaan bisnis milik ayahnya, melainkan harus menjajal segala macam pekerjaan sebelum akhirnya membangun bisnis sendiri.

Dilansir dari Business Insider, mengetahui sulitnya membangun bisnis dari nol, membuat banyak orang kaya memilih hidup sederhana. Bahkan, bisa dibilang seperti orang susah.

Cara berhemat para orang kaya dunia ini mulai dari pakaian sehari-hari yang hanya mengenakan kaus dan celana jins saat berangkat kerja hingga tak segan makan bersama di warung kecil dengan para pegawainya.

Berikut ini 5 orang kaya yang bergelimang harta, namun, hidup sederhana.

1. Azim Premji

Azim Premji Salah satu orang terkaya di India dan merupakan bos dari Wipro Ltd. Meskipun kaya, Azim Premji tetap menunjukkan sikap yang sederhana dengan selalu mengendari mobil bekas dalam setiap aktivitasnya. Azim juga selalu mengingatkan pegawainya untuk mematikan lampu kantor.

Azim saat ini tercatat memiliki kekayaan mencapai USD 15,6 miliar atau setara Rp 207,9 triliun. Meski punya kekayaan nbe, Azim tak malu untuk pulang menggunakan bajaj.

Selain hal di atas, Azim juga sangat peduli pada penggunaan tisu toilet. Dia sangat mengawasi penggunaan tisu toilet ini agar tidak berlebihan.

2. Judy Faulkner

Judy Faulkner merupakan seorang Pendiri Epic Systems yang juga kaya raya, dia mengatakan tidak pernah tertarik untuk hidup boros layaknya orang kaya pada umumnya. Pendiri perusahaan di bidang teknologi kesehatan ini memiliki kekayaan sekitar USD 4,82 miliar atau setara Rp 62,2 triliun.

Meski kaya raya, Judy tetap hidup dalam kondisi prihatin. Bersama suaminya, dia tinggal di daerah pinggiran hampir 30 tahun dan hanya memiliki dua mobil dalam 15 tahun terakhir.

Judy juga telah berkomitmen untuk menyumbangkan setengah dari pendapatannya untuk amal.

3. Charlie Ergen

Charlie Ergen salah satu Bos dari Dish Network, dia selalu membawa bekal kotak makan siang. Hebatnya hal ini selalu dilakukannya setiap hari tanpa terlewat satu hari pun.

Pria 64 tahun ini memiliki kekayaan sekitar USD 19,9 miliar atau setara Rp 265,2 triliun. Kebiasaan membawa bekal ini didapat sejak kecil, sebab, keluarganya hidup dalam kemiskinan pada era depresi ekonomi.

Kotak makan siangnya selalu berisi roti dan gatorade. Bahkan dia sendiri yang menyiapkannya. Saat melakukan perjalanan bisnis pun, dia berhemat dengan memesan satu kamar untuk dua orang.

4. Ingvar Kamprad

Ingvar Kamprad merupakan orang terkaya kedua di Eropa saat ini. Kekayaan Kamprad ditaksir mencapai USD 43,8 miliar atau setara Rp 583,5 triliun. Meski sangat kaya, namun dirinya tetap menunjukkan hidup yang sederhana.

Kekayaan berlimpak tak lantas membuat pemilik perusahaan IKEA ini hidup mewah, layaknya orang kaya pada umumnya. Hal ini terlihat saat dia menggunakan pesawat komersil kelas ekonomi ketika melakukan kunjungan ke tempat lain. Bahkan, dia tidak segan makan bersama para karyawannya di kafetaria IKEA.

Kamprad juga masih menggunakan mobil lamanya dan sesekali memakai bus angkutan umum guna mencapai lokasi tujuan.

5. Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu juga salah satu orang terkaya di Mesiko yang hidup sederhana. Bagi Carlos, dia lebih senang menggunakan uangnya untuk melakukan investasi dibanding menghambur-hamburkan hartanya yang tak jelas. Kekayaan menurut dia seperti kebun buah, Anda hanya butuh menumbuhkannya, membesarkannya, atau memperluas lahan.

Tak seperti kebanyakan orang kaya lainnya, Carlos tidak hidup dengan jet atau kapal pesiar pribadi. Bahkan, saat berpergian, pria 77 tahun dengan kekayaan mencapai USD 65,3 miliar atau setara Rp 870,1 triliun ini masih menggunakan mobil lamanya.

Pengusaha ini tetap tinggal di rumah yang sama lebih dari 40 tahun. Rumah dengan 6 kamar ini menjadi lokasi dia berbagi kebahagiaan dengan anak-anak dan cucunya.

Leave a Reply