Ada 5 Fakta Menarik Dari Kunjungan Obama ke Indonesia

Liputan Indo Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama telah tiba di Indonesia pada Jumat 23 Juni 2017 sore. Pulau Dewata menjadi tempat pertama yang disinggahi Obama dalam rangkaian kunjungannya ke Tanah Air kali ini.

Tentunya perjalanan ini tidak lepas dari keinginan Presiden AS ke-44 itu untuk menjelajahi negara yang pernah ia tempati pada tahun 1967.

Kunjungan pertama Obama ke Indonesia bermula ketika ibu kandungnya menikahi pria Indonesia dan pindah ke Jakarta. Obama juga sempat menghabiskan waktu bersekolah dan menjelajahi beberapa lokasi di ibu kota.

Kondisi Jakarta pada 1967 sangat berbeda dengan apa yang ia rasakan saat kunjungan resminya sebagai Presiden Amerika Serikat ke Indonesia pada 2010 lalu.

Selama empat tahun tinggal dan sekolah di Indonesia, Obama sempat menjelajahi kawasan ibu kota yang masih memiliki sedikit gedung tinggi.

Hanya Hotel Indonesia dan Sarinah yang menjadi gedung tertinggi saat itu serta belum banyak mobil yang lalu lalang di ruas jalan. Tidak hanya itu, berbagai kuliner seperti nasi goreng, bakso, dan sate sudah pernah di jajal oleh Obama.

Kini, tujuh tahun berselang, mantan presiden AS yang semasa kecil sempat menghabiskan waktunya di kawasan Menteng Dalam itu, kembali berkunjung ke Indonesia untuk mengisi masa liburan. Segala bentuk pengamanan dan jadwal telah di siapkan.

Masyarakat Indonesia juga menyambut baik kedatangan pria yang dikenal ramah tersebut.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 fakta menarik dari kunjungan Obama kali ini:

1. Pesawat yang digunakan Obama

Menyambut kedatangan Obama dan keluarganya, pihak bandara melakukan persiapan khusus dengan memberi skala prioritas penerbangan. Namun, mereka menjamin operasional bandara berjalan normal tanpa penutupan sementara.

Pria kelahiran 4 Agustus 1961 itu tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, bersama keluarganya pada Jumat sore menggunakan pesawat jet carter Gulfstream G-V N50JE.

Gulfstream G-V N50JE adalah pesawat jarak jauh yang diproduksi oleh Gulfstream Aerospace. Jet tersebut dapat terbang hingga ketinggian 51 ribu kaki dan mampu terbang dengan jarak sejauh 12.000 kilometer.

Dilansir dari flightaware.com, G-V N50JE merupakan pesawat buatan tahun 1999 yang dapat mengangkut hingga 20 kru dan penumpang.

Jet tersebut dilengkapi dua mesin turbofan yang diproduksi oleh BMW dengan model Rolls-Royce BR710, demikian keterangan yang didapat dari website aiport-data.com.

Setibanya di Ngurah Rai, Barack Obama dan keluarga keluar melalui pintu yang sebelumnya digunakan oleh rombongan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud.

Pesawat ditumpangi keluarga Obama, G-V N50JE, bertolak dari Guam, pulau kecil di bagian barat Samudera Pasifik yang masih merupakan teritorial Amerika Serikat.

2. Setara dengan pengamanan Presiden

Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama akan menikmati liburan selama perayaan Idul Fitri. Obama dan keluarga bertandang ke Bali, saat muslim Pulau Dewata merayakan Lebaran di luar daerah.

Setelah tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 17.30 WITA, rombongan segera bertolak menuju hotel Four Seasons di kawasan Ubud.

Komandan Korem 163/Wira Satya Kolonel Arh Gede Widiana menyampaikan, pasukan gabungan telah melakukan pengamanan tertutup untuk pria yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Menteng, Jakarta Pusat itu.

Dia mengatakan, pengamanan yang diterapkan selama Obama berlibur pada 23-28 Juni 2017 di Bali, setara dengan pengamanan presiden dan wakil presiden aktif yang ada di dalam dan luar negeri serta tamu negara lainnya.

Namun, Obama tidak menginginkan perlakuan khusus dalam liburannya di Pulau Dewata kali ini. Hal ini disampaikan oleh tim pengamanan Barack Obama di Base Ops Pangkalan Udara Ngurah Rai.

3. Nama-nama rombongan Obama yang ikut ke Bali

Menurut keterangan resmi dari TNI Angkatan Udara di Bali, Obama tiba beserta keluarga dan 14 orang rombongan dari Amerika. Mereka datang dengan menggunakan pesawat Western Air Charter INC DBA Jet Edge Gulfstream G-V N50JE dalam rangka berlibur.

Sejumlah nama dalam daftar rombongan Obama yaitu Michelle Obama, Natasha Marian Obama, Malia Ann Obama, Alex David Arevalo, Anita Breckenridge, Chynna Yrome Dywris Clyton, Gar-Yeu Ng Konrad, Katina Latrelle Hoyles, Ng Suhaila Kala Nai-La, Joshua David Pruett, Maya Kasandra Soetoro, Allen Antonio Taylor, dan Ng Savita Lola Yan Song.

Komandan Korem 163/Wira Satya Kolonel Arh Gede Widiana mengatakan, Barack Obama dan keluarga menginap di Hotel Four Season di Desa Sayan, Ubud. Perjalanan ke Ubud dapat ditempuh sekitar satu jam 15 menit atau sekitar 40 kilometer dari bandara.

Terkait pengamanan di jalur darat, Widiana menegaskan telah melakukan beberapa prosedur, tetapi kedatangannya tak akan ada upaya penutupan jalan.

4. Singgah di Yogyakarta

Usai mengunjungi Bali, Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan akan mengunjungi beberapa tempat wisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Obama akan menghabiskan waktu di Yogyakarta dan Jawa Tengah mulai 28 hingga 30 Juni sebelum memenuhi undangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan menghadiri Forum Diaspora Indonesia di Jakarta.

Kepala Penerangan Komando Resor Militer 072/Pamungkas Mayor Samsul Maarif mengatakan, selama di Yogyakarta dan Jateng, Obama akan mengunjungi lima destinasi wisata.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta AKBP Yulianto mengatakan, Obama direncanakan mengunjungi Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan di Yogyakarta, serta Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

5. Obama Ajak Adik Tirinya

Dari total 14 anggota keluarga dan orang-orang terdekat, terdapat satu nama orang Indonesia yaitu Maya Kasandra Soetoro. Selama tinggal di Indonesia, Obama memiliki ayah tiri asal Indonesia yang bernama Lolo Soetoro.

Dikutip dari Voice of America, Obama pindah ke Indonesia tahun 1967 pada usia enam tahun setelah ibunya menikah dengan seorang laki-laki Indonesia.

Meskipun perkawinan kedua itu hanya bertahan hingga tahun 1980, Ann Dunham tetap melanjutkan penelitian antropologinya di Indonesia. Keluarga Soetoro sempat tinggal di daerah Menteng Dalam, Jakarta Selatan selama 2,5 tahun dan Obama belajar di kelas satu hingga kelas tiga di sekolah dasar Katholik Asisi.

Tahun 1970 keluarga ini pindah ke Matraman Dalam, Jakarta Pusat dan Obama pindah sekolah ke Sekolah Dasar Besuki untuk menyelesaikan kelas tiga dan empat. Pada tahun yang sama pasangan Lolo Soetoro dan Ann Dunham memiliki seorang putri, Maya Kassandra Soetoro.

Namun setahun kemudian Ann memutuskan mengirim kembali Obama ke Hawaii untuk melanjutkan pendidikan di sana dan tinggal bersama kakek-neneknya. Ann, Lolo dan putri mereka Maya ikut pindah ke Hawaii tahun 1972, di mana Ann menyelesaikan studinya di University of Hawaii.

Kini, Maya yang merupakan buah hati hasil perkawinan Lolo dan Ann juga turut serta dalam rombongan saat berlibur di Indonesia.

Leave a Reply