6 Lokasi Teraneh di Indonesia Yang Pernah ‘Sesatkan’ Kendaraan Masih Berbau Mistis

Liputan Indo Cerita bus atau mobil yang tiba-tiba berada di tengah hutan atau lokasi yang tidak lazim seringkali menghebohkan masyarakat. Banyak pula masyarakat yang menghubungkan kejadian tersebut dengan hal berbau mistis.

Yang paling sering terjadi yakni di daerah Blora, Jawa Tengah. Pada 2012 lalu, warga sempat dihebohkan oleh bus Pahala Kencana tujuan Jakarta-Madura yang tiba-tiba berada di hutan jati Gadogan, Desa Kedungbacin, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora.

Kemudian yang baru-baru saja terjadi yakni jalan setapak Desa Kemiri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora. Sebuah mobil Toyota Kijang warna biru pelat nomor K 9085 CE terjebak di lokasi tersebut.

Warga bertanya-tanya sebab secara logika jalur tersebut tidak dapat dilalui oleh mobil. Selain Blora, masih ada wilayah lainnya di Pulau Jawa sebagai lokasi tersesatnya kendaraan yang membuat gempar. Berikut ulasannya:

1. Blora

Salah satu daerah yang memang terkenal sebagai tempat tersesatnya kendaraan, mulai dari bus hingga mobil. Yang terbaru terjadi pada Minggu (21/5) kemarin. Mobil Toyota Kijang berwarna biru dengan pelat nomor K 9085 CE ditemukan warga di jalan setapak Desa Kemiri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora.

Salah seorang warga Desa Kemiri, Kasno mengatakan warga setempat justru tidak menyangka jalan setapak dengan lebar 2 meter tersebut bisa dilewati mobil. Padahal, sisi kanan dan kiri jalan dipenuhi dengan pepohonan. Bila ada mobil melewati jalan itu bisa dipastikan bodi mobil akan lecet-lecet.

Menurut warga sekitar, lokasi tersebut memang seringkali terjadi fenomena aneh di luar nalar. Warga seringkali mengaitkan kejadian terjebaknya mobil tersebut akibat ulah jahil ‘makhluk halus’ yang berada di lokasi tersebut.

Dari penuturan sang sopir Kijang, Andung Panji Tisna, ia mengatakan bertugas mengantar empat orang penumpang. Mereka kemudian meminta berhenti dan turun karena sudah sampai di rumah kakeknya. Lokasi tersebut dikira oleh Andung masih berada di Cepu.

“Keempat penumpang yang semuanya laki-laki itu kemudian turun, tapi semuanya belum bayar. Sopir kemudian menunggu di depan rumah kakek keempat penumpang tersebut hingga terdengar suara adzan subuh,” kata Kapolsek Jepon, AKP Joko Priyono.

Usai mendengar adzan subuh, sang sopir baru tersadar, bila dirinya sedang berada di sebuah tempat yang sempit dengan posisi mobil hampir terperosok jurang. Rumah yang semula dikira rumah kakek dari keempat penumpang itu ternyata hanya pohon mangga yang cukup besar berada di depan mobil.

2. Sumedang

Sebuah mobil tiba-tiba berada di tengah hutan Blok Tamiang Lega, Desa Keredok, Kecamatan Jatigede, Sumedang. Padahal wilayah yang berada di bawah bendungan Jatigede tidak bisa dilalui mobil.

Sopir mobil tersebut, Mochamad Solikhyanto mengatakan dirinya bersama tiga orang penumpang lainnya berangkat dari Bandung menuju Majalengka. Begitu sampai di Sumedang, dia mencari jalan alternatif menggunakan GPS.

Dari petunjuk GPS mereka diarahkan ke jalan Sumedang-Situraja-Wado. Mobil kemudian berbelok ke arah kiri pertigaan Warung ketan Situraja menuju Desa Pajagan. Di jalan tersebut, mobil bukannya belok masuk ke jalan proyek Jatigede malah tetap lurus.

Semula mobil berjalan dengan lancar namun begitu masuk ke tengah hutan tidak bisa bergerak. Alhasil mobil dievakuasi menggunakan jip berpenggerak empat roda dengan dibantu warga, TNI dan polisi.

3. Jakarta

Sebuah taksi masuk ke gang sempit dekat TPU Karet Bivak Jakarta dan menjadi bahan perbincangan. Peristiwa itu sempat heboh pada 2007 lalu. Dari penuturan sang sopir taksi, dirinya mengangkut tiga orang penumpang yang semuanya merupakan perempuan.

Mereka mengarahkan taksi ke TPU Karet Bivak. Saat berada di dalam taksi, ketiganya hanya mengarahkan sopir agar ke tempat tujuan. Tidak ada obrolan dan suasana begitu sepi

Sopir tersebut mengatakan dirinya melewati jalan dengan aspal yang bagus dan perumahan mewah. Dia tidak menyadari bahwa mobil yang dikendarai masuk ke sebuah gang sempit. Saat menengok ke belakang bangku penumpang, dia kaget dan pingsan.

Begitu bangun, sopir itu tersadar bahwa mobil yang dikendarainya sudah berada di sebuah gang sempit yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

Kisah taksi tersebut hingga saat ini masih misterius dan banyak yang bertanya tentang kebenarannya.

4. Temanggung

Pada 2016 lalu, media sosial sempat dihebohkan dengan kabar sebuah mobil yang masuk ke tengah perkebunan. Peristiwa itu terjadi di Desa Gowak, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Sopir mobil dengan nomor pelat BA 1899 BV itu mengatakan, dirinya bersama rombongan baru saja mengunjungi Desa Gowak. Mereka berencana pergi ke daerah Dieng. Dari pengakuan sopir, dirinya melewati jalan dengan aspal mulus.

Dia mengikuti jalan tersebut hingga akhirnya tersesar di perkebunan. Padahal menurut penuturan warga setempat, jalan menuju perkebunan sulit untuk dilewati.

5. Kudus

Selain di Temanggung, peristiwa aneh juga terjadi di kawasan hutan wisata Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Sebuah mobil tersesat di lokasi tersebut.

Sontak saja kejadian itu menjadi bahan perbincangan warga dan banyak yang mengaitkan dengan hal mistis. Sopir mobil tersebut mengaku turun dari wisata gardu pandang. Kemudian dia mengikuti sepeda motor yang melintas di depannya.

Dia pun sampai tidak sadar bahwa mobil yang dikendarai masuk ke kawasan hutan. Begitu sadar, ia mengetahui bahwa motor yang diikuti juga hilang.

6. Brebes

Bus Sumber Alam AA-1701-BL tersesat di tanggul Sungai Pemali, Desa Terlangu, Brebes. Kejadian itu dinilai tidak logis oleh warga setempat karena kondisi jalan yang sempit dan berupa tanah.

Bus yang dikemudikan oleh Eko itu semula hendak menuju Yogyakarta dari arah Cirebon. Dalam perjalanan, Eko mengatakan mengangkut dua orang berjubah di Cirebon.

Saat masuk Kota Brebes, Eko mengambil jalur alternatif melalui jalan Veteran hingga tembus ke Desa Wangandalem. Bus dengan 30 orang penunmpang itu harusnya belok ke kiri ke arah Jatibarang melalui ruas Brebes-Jatibarang. Namun bus malah lurus menuju tanggul Sungai Pemali.

Padahal di lokasi tersebut diketahui jalan masih berupa tanah dan sulit untuk dilalui bus.

Leave a Reply