10 Fakta Kim Jong Un yang Mungkin Belum Banyak Diketahui Publik

Liputan Indo Nama Kim Jong Un kembali mengguncang dunia. Pemimpin generasi ketiga Korea Utara itu kembali membuat ulah yang menyedot perhatian publik Internasional.

Setelah pekan lalu meluncurkan peluru kendali yang melintasi wilayah udara Jepang, kemarin Kim Jong Un mengumumkan keberhasilan uji coba bom hidrogen.

Selama ini, nama Jong Un memang dikenal kontroversial, mengikuti beragam polahnya dalam memimpin negara tertutup tersebut.

Kendati terkenal, ada fakta-fakta yang mungkin belum banyak diketahui publik.

Berikut ini ada 10 fakta tentang anak bungsu Kim Jong Il itu.

1. Usia

Ada beberapa perdebatan tentang usia pemimpin Korea Utara ini. Pada tahun 2016, Departemen Keuangan Amerika Serikat mencatatkan tanggal lahir Kim Jong Un pada 8 Januari 1984.

Sementara, sumber lain menunjukkan bahwa dia lahir pada hari itu pada tahun 1983.

Ibunya adalah Ko Yong Hui dan ayahnya adalah Kim Jong Il, mantan pemimpin Korea Utara yang memerintah dari tahun 1994 sampai kematiannya pada tahun 2011.

2. Putra bungsu

Dari tujuh anak Kim Jong Il yang terdiri dari empat anak perempuan dan tiga anak laki-laki, dia adalah putra bungsu.

3. Kim Jong Nam

Kakak tertua Un, Kim Jong Nam, pada awalnya direncanakan untuk menjadi pengganti ayah mereka. Kim Jong Nam tewas diracun di Malaysia pada Februari 2017.

4. Pendidikan

Kim Jong Un remaja mengikuti pendidikan di Liebefeld-Steinhölzli Schule, sebuah sekolah negeri Swis, selama dua tahun. Ia bersekolah di bawah nama samaran Pak Un.

Diduga, dia kembali ke Pyongyang, saat Kim Jong Un tiba-tiba menghilang dari sekolah, ketika berusia 17 tahun.

5. Nilai jelek

Saat menempuh pendidikan di Swis, ia mendapat nilai jelek untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, dan mendapat nilai bagus dalam bidang musik dan studi teknik.

6. Keju dan rokok

Kim Jong Un disebut sangat suka dengan keju dan merupakan perokok berat. Dua hal ini yang dikabarkan menyebabkan masalah kesehatan dan berat badan.

7. Bola basket NBA

Di luar sikap kerasnya dalam pemerintahan, Kim Jong Un dikenal sebagai penggemar kompetisi bola basket NBA.

DI masa mudanya, Kim Jong Un adalah penggemar mega bintang NBA Michael Jordan. Kim Jong Un juga memiliki persahabatan yang erat dengan mantan pemain NBA Dennis Rodman. Rodman sudah pernah mengunjungi Kim Jong Un di Pyongyang dalam beberapa kesempatan.

8. Gelar

Kim Jong Un memiliki dua gelar, satu di bidang fisika dari Universitas Kim il Sung dan satu lagi sebagai perwira Angkatan Darat yang diperoleh dari Universitas Militer Kim Il Sung.

9. Menikah

Un dikabarkan menikahi Ri Sol Ju di tahun 2009, dan pada tahun 2012 pasangan tersebut memiliki seorang putri bernama Ju Ae.

Ada yang berspekulasi bahwa Kim Jong Un memiliki lebih dari satu anak.

10. Eksekusi

Kim Jong Un disebut telah mengeksekusi mati lebih dari 300 orang, termasuk setidaknya 140 pejabat senior, sejak dia berkuasa pada tahun 2011.

Dia pun melakukan eksekusi terhadap pamannya, Jang Song Thaek yang ditangkap dan dihukum karena pengkhianatan pada tahun 2013.

Leave a Reply